Indahnya “Air Terjun Bunga Lao” Desa Tampa-Luwu

Viewer : 86 Kali
Air Terjun Bunga Lao, Desa Tampa, Kecamatan Ponrang, Kabupaten Luwu
Tahir, S.Sos, Kepala Desa Tampa saat berada dilokasi Air Terjun Bunga Lao-Kabupaten Luwu

Tahir : “kami berharap obyek wisata ini dapat lebih dikenal dan menjadi salah satu tujuan wisata para pelancong ditana luwu,”

Luwu, Libasnews.co.id-

Salah satu destinasi wisata yang tidak boleh Anda lewatkan kala berkunjung ke Kabupaten Luwu, yakni permandian Air Terjun Bunga Lao.

Obyek Wisata Air Terjun Bunga Lao merupakan satu dari sekian banyak air terjun yang ada di Kabupaten yang berjuluk “Bumi Sawerigading”.

Air Terjun Bunga Lao sendiri berada di dusun Pagerengan, desa Tampa, kecamatan Ponrang kabupaten Luwu.

Salah Satu keunggulan obyek wisata ini adalah akses yang cukup dekat dari ibukota kabupaten luwu, hingga kota tetangganya, yakni Kota Palopo.

Tak hanya itu, lokasi Air Terjun Bunga Lao bahkan memiliki akses yang sangat dekat jika ada wisatawan luar yang hendak berkunjung menggunakan sarana transportasi udara.

Untuk diketahui, Bandar Udara Lagaligo yang terletak dikecamatan Bua merupakan salah satu akses penerbangan bagi masyarakat yang berdomisi diwilayah luwu raya. Sedangkan lokasi Bandar Udara Lagaligo sendiri berada dikecamatan Bua yang berbatasan langsung dengan kecamatan Porang.

Jarak dari pusat kota, baik dari kota Belopa yang merupakan ibu kota kabupaten Luwu, maupun Kota Palopo ke permandian Air Terjun Bunga Lao, ± 20 KM.

Sayangnya, karena kurangnya informasi akan keberadaan obyek wisata “Permandian” ini membuatnya belum seramai tempat wisata lainnya.

Salah satu keunggulan lain dari destinasi wisata permandian ini adalah nuansa alamnya yang sejuk nan asri.

Sejuknya air pegunungan yang menyapu kulit begitu terasa tatkala awak media ini mencoba menceburkan diri kedalam kolam alam dibawah guyuran air terjun.

Nikmatnya petualangan pun serasa kian lengkap dengan kehadiran penduduk desa yang ramah dan bersahabat.

Dilokasi air terjun, awak media ini pun menyempatkan diri berbincang dengan Tahis, S.Sos, kepala desa Tampa yang kebetulan tengah berada permandian tersebut.

Kepala Desa berbadan tambun tersebut pun menyambut baik kedatangan sejumlah awak media dilokasi tersebut.

Dirinya berharap, kehadiran para kuli tinta didaerah itu untuk menikmati wisata alam akan memberikan dampak positif terhadap perkembangan dan pengelolaan obyek wisata tersebut.

“kami selaku aparat pemerintah sekaligus masyarakat desa Tampa berharap obyek wisata ini dapat lebih dikenal dan menjadi salah satu tujuan wisata para pelancong ditana luwu,” harap Tahir.

Lebih jauh Tahir berharap, melalui publikasi dan pengenalan kemasyarakat luas, bisa menarik wisatawan berkunjung ketempat tersebut.

Ujungnya, sambung Tahir, “bukan hanya membuat obyek wisata Air Terjun Bunga Lao dikenal, tetapi akan menjadi salah satu sarana pendongkrak pembagunan dan perekonomian masyarakat didesa tampa sendiri,” jelasnya. (Dahlan/R1)

Kepala Desa Tampa dilokasi Air terjun Bunga Lao-Pagerengan-Tampa-Ponrang-Luwu
Kepala Desa Tampa bersenda gurau bersama beberapa pengunjung dilokasi Air terjun Bunga Lao-Pagerengan-Tampa-Ponrang-Luwu

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *