Silaturrahim Jam’iyatul Islamiyah Provinsi Sul-Sel

Viewer : 239 Kali
IMG-20200305-WA0004

Palopo, Libasnews.co.id-

Kantor Kementerian Agama Kota Palopo Kedatangan tamu dari Provinsi Sulawesi Selatan untuk kunjungan silaturrahim diAula kemenag kota palopo Kamis, 06/03/2020

Kunjungan Silahturahmi tersebut dihadiri oleh Pejabat KUA, Para Guru dan Staf Kemenag Kota Palopo.

Dalam sambutannya Abd. Rahim Yunus selaku Ketua DPD Jam’iyatul Islamiyah dan Wakil Ketua MUI Provinsi Seul-Sel menyampaikan bahwa Islam wasathiyah atau Islam moderat pun kembali digelorakan sebagai langkah mempersatukan pemahaman agama masyarakat. Bahwa Islam bukanlah agama yang mengusung arus keras, bukanlah agama yang cepat-cepat mengkafirkan, membid’ahkan. Sebaliknya, Islam moderat sebagai Islam yang rahmatan Lil‘alamin selaras dengan ajaran Islam yang diwariskan NabiMuhammadSAW.

Selanjutnya mengenai pentingnya silaturrahim untuk membangun kebersamaan yang menganjurkan umatnya untuk senantiasa berbuat baik. dan dengan silaturahmi ini, merupakan salah satu amalan yang bisa dilakukan. Menjalin silaturahmi merupakan salah satu cara mewujudkan ukhuwah islamiyah dan dapat dilakukan dengan cara mengunjungi sanak saudara, dan keluarga. Selain membuat orang lain yang di kunjungi merasa senang, silaturahmi juga memiliki banyak hikmah dan keutamaan. Berikut ini, telah merangkum dari berbagai sumber tentang hikmah dan keutamaan silaturahmi yang perlu umat Islam ketahui agar bisa mengamalkannya. Tuturnya.

Terpisah Dr. H. Muh. Tasbih Hanafiyah selaku Wakil Ketua I DPD Jam’iyatul Islamiyah dan Dosen UIN Provinsi Sul-Sel dalam sambutannya menyampaikan Materi mengenai Aqidah, dalam penjelasannya Aqidah itu adalah Janji Kepada Allah, Akidah adalah keimanan yang teguh dan bersifat pasti kepada Allah dengan segala pelaksanaan kewajiban, bertauhid dan taat kepadaNya, beriman kepada para malaikatNya, rasul-rasulnya, kitab-kitabnya, hari Akhir, takdir baik dan buruk dan mengimani seluruh apa-apa yang telah shahih tentang prinsip-prinsip Agama perkara-perkara yang ghaib, beriman kepada apa yang menjadi ijma’ (konsensus) dari salafush shalih, serta seluruh berita-berita qath’i (pasti), baik secara ilmiah maupun secara amaliyah yang telah ditetapkan menurut Al-Qur’an dan As-Sunnah yang shahih serta ijma’ salaf as-shalih.

Selanjutya materi mengenai kejujuran yang membahas tentang kejujuran Penanaman kejujuran pada diri dan anak dalam keluarga sangatlah penting. Keluarga merupakan lingkungan pertama tempat anak tumbuh, berkembang dan membangun kepribadian yang akan menjadi jati dirinya kelak. Sifat anak usia dini mengamati, memperhatikan dan mencontoh berbagai perilaku yang terjadi disekitarnya. Keteladan dan contoh langsung kejujuran yang dilakukan orang tua akan melekat dalam ingatan anak. Membiasakan anak untuk bersikap jujur pada dirinya merupakan awal dari penanaman kejujuran untuk modal hidupnya. Intensitas kehadiran, belaian kasih sayang, kehangatan dan perhatian yang diberikan orang tua pada anak usia dini berperan penting dalam penanaman kejujuran. Kemudian yang paling terpenting adalah AGAMA BUKAN ANALISA TETAPI DiPERAKTEKKAN, ( Fr 082/ HMS Depag )

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *