Guna Peningkatan Pemasaran Produk UMKM, Pemkot Palopo Ikuti AMCF

Viewer : 44 Kali
IMG-20201007-WA0011
Guna Peningkatan Pemasaran Produk UMKM, Pemkot Palopo Ikuti AMCF

Palopo, Libasnews.co.id-

Dalam rangka meningkatkan kapasitas UMKM melalui peningkatan akses penjualan dan pemasaran produk berbasis digital, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sulawesi Selatan menggelar kegiatan bertajuk Anging Mammiri Creative Festival 2020.

Festival yang digelar oleh Kantor Perwakilan BI Provinsi Sulsel bekerjasama dengan Dekranasda Provinsi Sulawesi Selatan dan Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sulawesi Selatan.

Kegiatan Anging Mammiri Creative Festival (AMCF) 2020 kali ini mengusung tema UMKM Majic ‘Maju Pada Jaman Pandemic’ yang digelar di Ballroom Hotel Claro, Kota Makassar, Rabu, 7 Oktober 2020.

Dalam pembukaan festival tersebut diikuti beberapa daerah secara virtual online, salah satunya diikuti Pemerintah Kota Palopo dalam hal ini Walikota Palopo, Drs. HM. Judas Amir bersama Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Palopo, Dra. Munasirah di Rujab Saokotae Walikota.

Pada kesempatannya Gubernur Sulawesi Selatan, Prof. Ir. H.M. Nurdin Abdullah M.Agr, dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya kepada Bank Indonesia yang telah mendorong UMKM untuk terus berkreasi dan berinovasi melalui festival ini.

“Kegiatan ini tentu sangat membanggakan bagi kita, disaat provinsi lain menangani pandemi namun kita masih bisa berkreasi dan berinovasi untuk terus mendorong UMKM kita”, ujar Nurdin.

Lanjut disampaikannya bahwa satu hal yang harus juga menggembirakan bagi kita, dimana provinsi Sulsel yang salah satu provinsi memiliki kasus tertinggi Covid-19 di luar Jawa tetapi hari ini oleh Satgas Pusat telah mengumumkan bahwa Sulsel sudah keluar dari zona merah.

“Ini bukan berarti kita harus bebas, namun kita harus lebih tetap memperketat protokol kesehatan kita”, jelasnya.

Sementara dikesempatan yang sama Bambang Kusmiarso, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan mengatakan kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan event tahunan yang dilaksanakan, namun karen berhubung kondisi pandemi Covid-19 saat ini olrh sebabnya kegiatan dilaksanakan melalui virtual online.

“Event ini diselenggarakan sejak tahun 2016, bertujuan dalam upaya meningkatkan UMKM”, ucapnya.

Pelaksanaan AMCF 2020 ini digelar bersamaan dengan penyelenggaraaan Karya Kreatif Indonesia (KKI) oleh Kantor Pusat Bank Indonesia, di mana event KKI ini merupakan seri ke-2 dari 3 seri KKI di tahun 2020 ini.

Dengan diselenggarakannya Anging Mammiri Creative Festival 2020 akan dapat menjadi momentum dalam mempertahankan kelangsungan usaha mikro, kecil, dan menengah di era pandemi ini.

Pembukaan kegiatan ini dilakukan secara ceremony oleh Gubernur Sulsel bersama Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Sulsel, dihadiri pula Ketua TP PKK Sulsel, Lies F Nurdin yang juga Ketua Dekranasda Sulsel.

Acara AMCF 2020 dilaksanakan pada tanggal 7-9 Oktober 2020 secara semi virtual dengan booth fisik bertempat di Ballroom Hotel Claro, Kota Makassar. (Hms/Agghacheno85)

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *