PLH Bupati OKU Hadiri Rapat Usulan Bantuan Keuangan APBD Provinsi Sumsel

Viewer : 39 Kali
PLH Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, M.H., Menghadiri Rapat Usulan Bantuan Keuangan Kabupaten/Kota Bersumber APBD Provinsi Sumsel
PLH Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, M.H., Menghadiri Rapat Usulan Bantuan Keuangan Kabupaten/Kota Bersumber APBD Provinsi Sumsel

Palembang_Sumsel, Libasnews.co.id-

PLH Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, M.H., Menghadiri Rapat Usulan Bantuan Keuangan Kabupaten/Kota Bersumber APBD Provinsi Sumsel Tahun Anggaran 2022, Bertempat di Ruang Rapat Gubernur Sumsel. (Kamis, 21/10/2021).

Bantuan keuangan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan kepada Pemerintah Kabupaten/Kota bersifat umum dan khusus. Bantuan keuangan yang merupakan alokasi umum dan penggunaan diserahkan sepenuhnya kepada daerah penerima dalam rangka membantu pelaksanaan tugas pemerintah daerah. 

Bantuan keuangan yang bersifat khusus, peruntukan dan pengelolaannya ditetapkan oleh pemerintah daerah yang memberikan bantuan dalam rangka percepatan pembangunan daerah dan pemberdayaan masyarakat Sumatera Selatan. 

Untuk mempercepat jalannya pembangunan di Kabupaten OKU, dibutuhkan komitmen semua pihak, bukan saja dari jajaran pemerintah daerah dan masyarakat, melainkan juga dibutuhkan sinkronisasi program pembangunan antara Kabupaten OKU dengan Provinsi Sumatera Selatan, hal tersebut disampaikan PLH Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, M.H., saat menyampaikan paparan pembangunan Kabupaten OKU di ruang rapat Gubernur Sumsel.

PLH Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, M.H., pada paparan ini mengatakan untuk mensinkronkan program 17 Kabupaten/Kota di Sumatera Selatan, Gubernur memberikan ruang bagi kepala daerah untuk menyampaikan paparan dan usulan program pembangunan yang menjadi program strategis pada tahun anggaran 2022.

PLH Bupati OKU mengusulkan program/kegiatan prioritas Kabupaten OKU dalam bentuk bantuan Gubernur bersifat khusus Tahun Anggaran 2022 ini kepada Gubernur Sumsel yang diwakili Wakil Gubernur Sumsel H. Mawardi Yahya. 

Program/kegiatan prioritas Kabupaten OKU di titikberatkan pada sektor Pekerjaan Umum dan Infrastruktur bangunan. 

Pada sektor Pekerjaan Umum ada 17 prioritas pembangunan yang disampaikan antara lain peningkatan jalan Unit II-Unit XIV, peningkatan jalan Batanghari-Tratak, peningkatan jalan Lengkayap-Bunga Tanjung serta rehabilitasi infrastruktur jalan dan jembatan lainnya. 

Sedangkan pada sektor infrastruktur dan bangunan ada 16 prioritas pembangunan disampaikan antara lain pembangunan bronjong, revitalisasi objek wisata, pembangunan kawasan olahraga terpadu Kemiling sport City, pembangunan di bidang kesehatan dan pendidikan serta bidang lainnya. 

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Sumsel H. Herman Deru diwakili Wakil Gubernur Sumsel H. Mawardi Yahya mengatakan bahwa pada prinsipnya Pemerintah Sumatera Selatan menerima usulan yang disampaikan dan harus mendukung program kerja Provinsi Sumsel diantaranya menurunkan angka kemiskinan dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Provinsi Sumatera Selatan.  

Usulan program yang disampaikan harus sesuai dengan tema yaitu PEN dan penanggulangan kemiskinan yang menjadi prioritas Gubernur pada tahun ini. Untuk itu, kita berharap Kabupaten dan Kota dapat mengambil kebijakan yang mengarah untuk mewujudkan keinginan tersebut.

Mawardi Yahya juga mengatakan bahwa Pemerintah Sumatera Selatan melalui OPD terkait akan melakukan verifikasi atas usulan tersebut serta menerapkan skala prioritas dan semoga semua usulan yang telah diberikan dapat dijalankan pada tahun 2022. 

Turut mendampingi PLH Bupati OKU, Plt. Asisten 2 Setda OKU, Inspektorat serta OPD dan Kabag Terkait. (Alv)

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *