ADD & DDS Morut Diduga Sarat Penyimpangan Sejumlah Unsur Terkait Diminta Turun Tangan

Viewer : 174 Kali
ilustrasi-png-korupsi-dana-desa-oke

Morowali Utara, Libasnews.co.id –

Alokasi Anggaran Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DDS) Kabupaten Morowali Utara diduga kuat sarat penyimpanan. Sejumlah element masyarakat meminta Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Morowali Utara (Morut) dan Instansi Terkait lainnya diminta turun tangan.

Hal itu itu diungkapkan A.Samsu Alam (Dir.Eksekutif) LSM JARI Indonesia sesaat setelah memimpin aksi mayarakat Desa Taronggo di Kantor Kecamatan Bungku Utara, Kabupaten Morut, beberapa waktu lalu (30/01/20).

Menurutnya, aksi oknum Kepala Desa saat ini sangat luar biasa. Indikatornya, ada beberapa diantaranya yang masih elegan memberdayakan sikap koruptif.

Untuk memuluskan hasratnya, sejumlah oknum Kepala Desa mengggunakan berbagai macam cara guna memuluskan niat “bejatnya” menilap anggaran ADD dan DDS melalui pengalokasian anggaran berbasis program pemberdayaan dan berbagai macam kegiatan lainnya.

Akibatnya, pembangunan sejumlah infrastruktur dan program lainnya terbengkalai. Hal tersebut menurut Andi Alam jika dibiarkan, tidak menutup kemungkinan akan menjdi sample yang akan menjadi lokomotif penyelewengan ADD & DDS secara massive di daerah itu.

“ini bukan hal yang baru kita temui. Dibeberapa Desa yang ada di Morowali Utara ini, banyak program Desa yang terbengkalai. Sementara hal itu seakan dibiarkan berlalu begitu saja. Kami telah mengantongi alat bukti sejumlah Desa yang terindikasi sarat penyimpangan itu” tutur Andi Alam.

Namun saat diminta mengungkapkan sejumlah data yang dimaksud, Andi Alam menolak untuk membeberkan dengan alasan asas praduga takbersalah.

“Kita lihat saja nanti ketika data itu sudah bergerak. Kami sudah mengantongi 27 Desa yang siap untuk diprogres laporan Tipikornya. Dalam waktu dekat ini, kami akan berkoordinasi dengan Kapolres Morowali Utara, Kepala Kejaksaan Negeri Cabang Morowali Utara dan Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tengah. Kita lihat saja nanti pasca koordinasi” imbuhnya. (rd)

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *