Berbahaya.! Bronjong Pasar Sumber Jaya Ambruk, Merusak Bangunan Milik Warga

Viewer : 244 Kali
IMG-20191203-WA0003
Pondasi Pasar Jaya yang ambruk

Pematang Siantar_Sumut, Libasnews.co.id-
Senin, 2/12/2019, sekira pukul 175.00 sore, bronjong yang menempel di bangunan pasar dan berfungsi untuk menyanggah dan menopang bangunan pasar tradisional Sumber Jaya yang terletak dikelurahan Sumber Jaya kecamatan Siantar Martoba kota Pematang Siantar Sumatera Utara ambruk.

Diduga kuat bronjong penyanggah  bangunan pasar tradisional ini  roboh akibatdi hujan yang cukup deras pada hari itu.

Ambruknya bronjong penyanggah pasar ini menyebabkan banyak bagian bangunan pasar tersebut rusak dan retak.

Ambruknya bronjong dan bangunan pasar juga telah merusak sejumlah bangunan masyarakat yang terletak di samping pasar tradisional tersebut.

Salah satu bangunan milik warga yang terkena langsung reruntuhan bangunan pasar yakni sarana berteduh kolam pemancingan.
Dari penuturan masyarakat sekitar, sebelum runtuhnya bronjong tersebut, masyarakat sekitar pernah mengeluhkan tentang adanya bronjong tersebut dan sempat menyampaikan ke salah satu pegawai PD Paus sebagai pihak pengelolah bahwasanya bronjong tersebut tidak sesuai dengan konstruksi.
Herman S.Sos.I., Lurah Sumber Jaya saat dikonfirmasi mengaku sangat menyayangkan kejadian ini.

“sangat disayangkan pasar tradisional sumber jaya yang belum jelas kapan beroprasinya ini kondisinya memprihatinkan. Kami selaku pemerintahan terkecil disiantar, sehari setelah kejadian, tepatnya pada 3/12/2019, sudah meninjau tempat kejadian. Langkah selanjutnya kami akan menyurati pihak terkait PD PAUS (Perusahaan Daerah Pembangunan dan Aneka Jasa) selaku pihak pengelolah dan pihak terkait lainnya dengan tujuan duduk bersama menyelesaikan dan mencari solusi yg tepat untuk kejadian ini.” Ucapnya.
Beliau sebagai lurah, dan masyarakat sekitar pasar tradisional juga berharap dengan adanya kejadian ini dan dengan dilayangkannya surat ini ada respon positif dari pihak pengelolah dan ada titik terang tentang kapan pengoperasian pasar tradisional ini.
Setelah mendapatkan keterangan dari pihak kelurahan dan masyarakat sekitar, awak media Libasnews untuk sekian kalinya menyambangi kantor PD Paus sebagai pihak pengelola yang terletak di Gedung Juang, jalan merdeka kota siantar dalam rangka mengkonfirmasi kejadian ini kepada Direktur Utama Benhart BM Hutabarat, namun kembali hasilnya nihil, beliau tidak dapat ditemui.

Bangunan Pasar Jaya Yang Ikut Ambruk

. (aggha cheno 85)

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *