Bupati Luwu Timur, Kapolres dan Dandim Teken MoU Terkait Trantibum

Viewer : 11 Kali
Bupati Luwu Timur, Kapolres dan Dandim Teken MoU Terkait Trantibum
Bupati Luwu Timur, Kapolres dan Dandim Teken MoU Terkait Trantibum

Malili_Lutim, Libasnews.co.id-

Guna mendukung sinergitas penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum (Trantibum) di wilayah Kabupaten Luwu Timur, Bupati Luwu Timur, H. Budiman bersama Dandim 1403 Sawerigading, Letkol Inf. Gunawan dan Kapolres Luwu Timur, AKBP Silvester Mangombo Marusaha Simamora melakukan penandatangan nota kesepakatan Trantibmum.

Penandatanganan nota kesepakatan itu juga disaksikan Pabung Luwu Timur, Mayor Inf. Martinus Pagassing, Kasat Pol PP dan Damkar, Indra Fauzy, Camat dan Kapolsek se Luwu Timur yang bertempat di Aula Rumah Jabatan Bupati Luwu Timur, Senin (20/09/2021).

Bupati Luwu Timur, H. Budiman dalam sambutannya mengatakan bahwa, penyelenggaraan ketenteraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat harus dilakukan Pemerintah daerah untuk mewujudkan kondisi daerah yang aman, tenteram dan tertib. Upaya itu dapat berupa deteksi dini dan cegah dini, pembinaan dan penyuluhan, pelaksanaan patroli secara rutin, pengamanan, penanganan unjuk rasa dan penertiban sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 26 TAHUN 2020.

Upaya-upaya tersebut, kata Budiman, tentunya memerlukan sinergitas antara Pemerintah Daerah dengan TNI dan POLRI yang didasarkan pada tugas pokok dan fungsi masing-masing serta kewenangan kelembagaan sesuai ketentuan Peraturan Perundang-Undangan.

“Kami menyadari bahwa SATPOL PP sebagai Perangkat Daerah yang melaksanakan urusan ketenteraman dan ketertiban umum mempunyai banyak keterbatasan dalam pelaksanaan tupoksinya. Untuk itu, kita membutuhkan bantuan dan dukungan dari TNI dan Polri,” jelasnya.

“Saya berharap, melalui kerjasama ini kita dapat berkolaborasi dan bersinergi dalam program-program Pemerintah Daerah, KODIM 1403/SWG dan Kepolisian Resort Luwu Timur dalam mewujudkan kondisi wilayah yang kondusif, aman dan tenteram. Termasuk memudahkan koordinasi dan komunikasi pada setiap kegiatan operasional terkait ketentraman dan ketertiban umum,” tuturnya.

Terkait upaya penanganan COVID-19, Budiman mengatakan, kegiatan operasional pendisiplinan masyarakat untuk tetap patuhi Protokol Kesehatan membutuhkan sinergitas bersama baik Pemda Luwu Timur, TNI dan Polri untuk terus bergerak bersama menurunkan kasus Covid-19 sehingga level di Kabupaten Luwu Timur terus menurun.

Orang nomor satu di Luwu Timur ini juga menyinggung terkait persiapan pagelaran Pemilihan Kepala Desa Serentak (Pilkades) yang akan berlangsung November mendatang. Menurutnya, sudah menjadi tugas semua pihak untuk mensukseskan seluruh tahapan agenda demokrasi tersebut.

“Kita semua tentunya tidak menginginkan Pilkades kali ini terganggu dan gagal dilaksanakan. Potensi gangguan ketenteraman dan ketertiban umum terkait Pilkades harus terkendali dan sekali lagi semua Itu membutuhkan sinergi dan kolaborasi kita semua,” tutup Budiman. (hms/ikp/kominfo/Memed)

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *