Diduga Gelapkan BPKB Nasabah, PT. AF Dipolisikan

Viewer : 655 Kali
Foto Rusniati, korban penipuan PT. AF
Laporan Rusniati ke Mapolres Palopo atas dugaan penipuan dan penggelapan BPKB Mobil miliknya di kantor PT. Amanah Finance

Palopo, Libasnews.co.id-

Salah satu perusahaan pembiayaan besar diwilayah Sulawesi Selatan dilaporkan nasabahnya.

Dalam laporan yang disampaikan ke Mapolres Palopo, Jum’at, 30/4/2021 tersebut, nasabah yang diketahui bernama Rusniati SKM merasa telah ditipu oleh pembiayaan yang ia laporkan.

Kepada polisi korban mengaku sebelumnya membeli satu unit mobil jenis Toyota Innova melalui pembiayaan PT. AF.

Anehnya, meski telah dilunasi, BPKB kendaraan miliknya tersebut tak kunjung diberikan kepadanya.

Menurut pengakuan korban, sejak Mobil tersebut dilunasi, sudah berkali-kali dirinya dan keluarganya menghadap ke pembiayaan tersebut, namun tak kunjung diberikan.

“Waktu kami sudah lunasi, Amanah Finance Palopo menyuruh kami menunggu dengan alasan BPKB-nya sedang diproses dari Amanah Finance Kalla Group Makassar.” terang korban sembari menunjukkan bukti kwitansi pelunasan dari PT. AF cabang Palopo.

Pada kwitansi pelunasan yang diperlihatkan korban Rusniati, tertulis keterangan jika BPKB miliknya sementara diproses dikantor pusat PT. Amanah Finance Kalla Group.

“Adapun mengenai BPKB masih dalam proses order dikantor pusat PT. Amanah Finance Kalla Group,” tulis keterangan dalam bukti pelunasan milik korban.

Surat bukti pelunasan kendaraan milik Rusniati dengan No.054/AF-LWR/III/2018 tersebut dibuat dan ditandatangani Kepala Cabang PT. AF Kota Palopo atas nama Muh. Albar Umar tertanggal 31/3/2018.

Rusniati lebih lanjut menjelaskan, laporan yang disampaikan melalui kepolisian polres Palopo karena dirinya sudah merasa ditipu dan tidak mampu lagi terus mendatangi kantor PT. AF di Makassar seperti yang selama ini dia lakukan.

Kepada awak media, wanita paru baya ini mengaku sudah lelah terus disuruh menunggu.

“Coba bayangkan pak, sejak 2018 saya disuruh terus menunggu. Saya bahkan sudah berapa kali ke Makassar hanya untuk meminta BPKB Mobil saya, tapi tetap tidak diberikan. Sepertinya saya ini sudah ditipu pak. BPKB Mobil saya kayaknya sudah digelapkan orang leasing pak,” keluh ibu rumah tangga yang tinggal di dusun Padang, desa Salulemo, Kecamatan Baebunta, Luwu Utara ini menduga.

Hingga saat ini, korban mengaku telah mengeluarkan biaya yang tidak sedikit hanya untuk mendatangi kantor PT. AF, mulai saat masih berkantor di Palopo, hingga ke kantor PT. AF di Makassar.

Untuk itu, dirinya memutuskan melaporkan perusahaan pembiayaan tersebut ke aparat penegak hukum dengan harapan bisa mendapatkan kembali haknya.

Tak hanya itu, korban yang merupakan pegawai pada kantor dinas kesehatan luwu utara ini bahkan telah menunjuk kuasa hukum untuk mendampingi sembari mempersiapkan gugatan perdata kepada PT. AF.

“Kami juga sudah menunjuk kuasa hukum untuk mendampingi dalam proses hukum nantinya, terutama untuk persiapan gugatan Perdata,” terang Rusniati.

Hingga berita ini ditayangkan, pihak PT. AF belum memberikan tanggapan.

Salah satu staf PT.AF Makkassar yang selama ini disebut selalu berkomunikasi bahkan kerap ditemui korban, juga belum memberikan penjelasan tentang dugaan penipuan dan penggelapan yang dilaporkan korban.

Melalui pesan WhatsApp, staf yang dikenal korban dengan nama “Pak Arul” ini hanya membenarkan jika Laporan an.Rusniati telah mereka terima melalui legal perusahaan.

“Sdh ada masuk laporannya pak di bagian legal coorporate an. Rusniati,” jawabannya singkat.

Dalam pesan terakhir, staf yang dikenal bernama “Pak Arul” tersebut meminta awak media menghubungi legalnya.

“Bisa langsung di hibungi bagian legal sy pak,” lanjutnya melalui pesan WhatsApp.

Sayangnya, saat awak media ini menanyakan nomor kontak legal yang dimaksud, pesan WhatsApp awak media tak lagi dijawab. (Arief/Agghacheno85)

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *