Diduga Korupsi, Mantan Plt Kadis Dan Mantan Kabid Minerba ESDM Sultra Beserta Petinggi PT.Toshida Ditetapkan Sebagai Tersangka

Viewer : 114 Kali
IMG-20210617-WA0010

BR, Mantan Plt Kepala Dinas ESDM yang ditetapkan sebagai tersangka
YSM, mantan Kabid Minerba ESDM Sultra yang turut ditetapkan sebagai tersangka

Laporan : Andi Zulfitrah

Kendari_Sultra, Libasnews.co.id-
Dari hasil Penyegelan dan Pemeriksaan sejumlah dokumen di Kantor Dinas ESDM Sultra beberapa hari lalu, Kejaksan Tinggi Sulawesi Tenggara resmi menetapkan Empat (4) orang tersangka yang diduga Penyalahgunaan Wewenang dan Korupsi Pertambangan PT. Toshida Indonesia.

Setyawan, Asisten Pidana Khusus Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tenggara menyatakan pihaknya telah melakukan Penyidikan dalam Dugaan Kasus Korupsi di Perusahaan Tambang PT. Toshida Indonesia yang melibatkan Eks Plt Kepala Dinas ESDM (BR), Eks Kabid Minerba ESDM Sultra (YSM) dan Dua tersangka lainnya.

Dihadapan para Wartawan (Kamis, 17/06/2021), Asisten Pidana Khusus Kejati Sultra menyebutkan ada Empat tersangka dalam kasus tersebut yakni Direktur Pt. Toshida Indonesia, General Manager PT. Toshida Indonesia, Eks Plt Kadis ESDM Sultra dan Eks Kabid ESDM Sultra.

Dalam Penyelidikan hingga Penyidikan, Kejati Sultra menemukan bahwa PT. Toshida Indonesia tidak memenuhi kewajibannya selama melakukan Aktivitas Pertambangan di Wilayah Kec.Tanggetada, Kab. Kolaka, Provinsi Sulawesi Tenggara

Kewajiban yang dimaksud oleh Kejati Sultra adalah mulai PNPB, IPPKH, Royalti, Pemberdayaan Masyarakat hingga CSR.

Akibat ulah yang dilakukan oleh PT. Toshida Indonesia menimbulkan kerugian Negara mencapai Rp.152 Miliyar. Pt. Toshida indonesia tetap melakukan penjualan Ore Nikel sementara IPPKH-nya sudah dicabut oleh pemerintah dan dinyatakan tidak berlaku lagi. Ungkap Setyawan.

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *