Hendrikus Terancam Pidana 6 Tahun Penjara

Viewer : 223 Kali
Tersangka Penista Agama Luwu Timur
Hendrikus disel Polres Lutim mengenakan celana pendek baju abu-abu

Malili, libasnews-
Hendrikus, tersangka kasus dugaan penistaan agama di kabupaten Luwu Timur terancam pidana kurungan 6 tahun penjara.
Hal ini diungkapkan Abdullah, salah satu aktivist Front Pembela Islam Luwu Timur saat bincang santai disebuah warkop didesa puncak indah, kecamatan Malili, senin, 28/10/2019.
Kepada awak media, aktivist FPI yang akrab disapa Bang Dul ini menjelaskan, “itu jika pebyidik menerapkan satu pasal saja. Tapi kalau dia dipersangkakan lebih dari satu pasal, ancamannya bisa lebih berat,” terang Dul.
Menurut, dalam kasus Hendrikus, setidaknya tersangka bisa diduga kuat telah melakuka pelanggaran pidana sebgaimana diatur dalam pasal 82 ayat 2 undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik, tentang ujaran kebencian.
Hukuman pidana bagi setiap orang yang telah melakukan pelanggaran pasal 82 ayat 2 ini dapat dilihat pada Pasal 45A ayat 2 UU Nomor 19 tahun 2016, lanjut Dul.
Dalam Pasal 45A ayat (2) UU 19/2016, seorang tersangka diancam dengan pidana penjara selama 6 tahun dan denda 1 milyar rupiah. “Jadi untuk satu pasal ini saja, Hendrikus terancam pidana kurungan 6 tahun penjara. Belim lagi kalau penyidik memasang persangkaan yang bersifat kumulatif.” Jelas Dul. (Arsad).

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *