Jelang Pilkada 2020 Bawaslu Morut Temukan Sejumlah Bukti Pelanggaran Hukum Plh Bupati Morut

Viewer : 63 Kali
Jelang Pilkada 2020 Bawaslu Morut Temukan Sejumlah Bukti Pelanggaran Hukum Plh Bupati Morut

Jelang Pilkada 2020 Bawaslu Morut Temukan Sejumlah Bukti Pelanggaran Hukum Plh Bupati Morut

Morut_Sulteng, LibasNews.co.id –

Jelang Pemilihan Bupati, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Morowali Utara (Morut), menemukan dugaan pelanggaran undamg-undang Pilkada, yang dilakukan Plt. Bupati Morowali Utara Asrar Abd Samad mutasi dan pencopotan sejumlah pejabat dilingkup Pemda Morut.

Ketua Bawaslu Morut Andi Zainudin didampingi Kasat Reskrim Polres Morut IPTU Lasida, Kepala Cabang Kejaksaan Morowali Halim Irmandah,SH, dan segenap komisioner Bawaslu Morut, dalam keterangan pers menjelaskan, bahwa Bawaslu Morut telah menemukan adanya pelanggaran berupa pergantian pejabat dalam lingkup Pemkab Morut, yang dilakukan Plt Bupati Moh. Asrar Abd Samad yang diduga kuat menyalahi undang-undang Pilkada.

Adapun Pelanggaran yang dimaksudkan antara lain, memberhentian Drs. Rahmani Arumpone dari jabatan sebagai Kepala Bagian Umum pada Sekertariat Daerah Morut, H. Djira.K, S.Pd. dari jabatan sebagai Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemda Morut, demikian pula Muhammad Ridho Hamzah, S.pi, M.Si dari jabatan sebagai Kepala Bagian Pengadaan Barang/Jasa pada Sekretariat Daerah Morut.

Sambung Ketua Bawaslu, dalam temuan tersebut, terlapor Moh. Asrar Abd Samad diduga melakukan perbuatan melanggar hukum sebagaimana yang dimaksudkan dalam ketentuan undang undang Pilkada.

“Berdasarkan hasil kajian Bawaslu Morut, memutuskan bahwa berdasarkan bukti-bukti yang cukup, terlapor melakukan perbuatan sebagaimana diatur dalam pasal 71 ayat (2) dan merekomendasikan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU), Morut untuk menindak lanjuti temuan Bawaslu Morut, sebagai bahan pertimbangan syarat calon dan/atau pencalon pasangan calon Bupati Morut pada pemilihan tahun 2020.” terang Andi Zainuddin dalam Pers Conference.di kantor Nawaslu, Senin (06/07/20),

Atas temuan tersebut, Bawaslu Morut telah menerusakan temuan kepada Gubernur Sulteng, untuk ditindak lanjuti sesuai dengan prosedur dan mekanisme hukum yang berlaku.

Selain itu, Kata Andi Zainuddin. Bahwa temuan Nomor : 003/TM/PB/Kab/26.13/VI/2020 telah ditangani oleh Sentra penegakan hukum terpadu (Sentra GAKKUNDU) Kabupaten Morut, yang terdiri dari unsul Bawaslu, unsur kepolisian dan unsur kejaksaan.

“Bahwa belum ditemukan adanya niatan (mens rea) dari Sdr. Moh Asrar Abd Samad selaku Plh bupati Morut untuk mengembalikan pejabat yang telah dimutasi beberapa waktu yang lalu,” pungkas Andi Zainudin. (As/Rd)

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *