Kades Saponda Laut Diduga Kuat Buat LPJ Fiktif

Viewer : 183 Kali
IMG-20210428-WA0009

Kades Saponda Laut Diduga Kuat Buat LPJ Fiktif
Daftar penerima honor Pemdes konawe

Laporan : Andi Zulfitrah

Konawe_Sultra, Libasnews.co.id-

Laporan pertangung jawaban (LPJ) pengalokasian dana desa tahun 2019 hingga 2020 membuat geram aparat Desa Saponda Laut, Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe.

Pasalnya, honor yang mereka terima disunat diduga kuat telah disunat kades untuk kepentingan pribadinya.

Aparat desa yang merasa honornya disunat menduga, sang kades sengaja membuat laporan pertanggungjawaban palsu guna memuluskan perbuatannya.

Tasrin HT, yang menjabat sebagai kasi pelayanan bahkan mengaku siap dipanggil sebagai saksi jika persoalan ini berlanjut.

“kami siap dipanggil sebagai saksi karena memang kami tidak pernah bertanda tangan. Gimana mau tanda tangan pak, bentuk surat RAB saja kami tidak pernah lihat,” ungkap Tasrin.

Terpisah, Edi N yang menjabat sebagai sekretaris BPD desa Saponda Laut bahkan mengaku telah lama mempertanyakan dokumen pembayaran honor desa dengan tujuan agar aparat desa mengetahui besaran honor mereka, namun hal itu tidak ditanggapi.

Dirinya pun mengaku siap dipanggil sebagai saksi jika nanti dibutuhkan.

“Dulu pak saya selalu tanya tolong tunjukan mana itu RAB honor desa biar aparat desa tau berapa perbulan honor kami,bahkan di setiap rapat pertemuan saya sampaikan tapi tidak di pedulikan dengan Desa jadi kalau ada LPJ, itu palsu pak, bahkan saya siap di panggil kalau mau jadi saksi. Ada istilah kita pake sepatu hitam celana kain baju putih naik mobil gratis,” tutur Edi sembari bercanda.

Dihubungi via telepon selulernya, Abdul Asis, kepala Desa Saponda Laut yang disebut telah menggagahi gaji Honor aparat desanya tidak banyak komentar.

Melalui sambungan telepon selulernya, Abdul Azis bahkan mengaku telah siap dibui terkait persoalan ini.

“Terserah mi pak kalau mau penjarakan saya, terlalu banyak mi juga yang hubungi saya terkait masalah ini, yang jelas saya mau urus anak ku dulu” ucap Abdul asis.

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *