Kades Todoloyo Diduga Kuat Terlibat Ilegal Loging

Viewer : 260 Kali
IMG-20201219-WA0002

Truk pengangkut kayu yang diduga kuat ilegal milik oknum kades cs.

Laporan : Andi Zhulfhitrah

Konawe_Sultra, Libasnews.co.id-

Sedikitnya ada 3 truk yang diduga kuat bermuatan kayu ilegal ditemukan melintas dari daerah rahabangga Unaaha Konawe, 19/12/2020,

Truk yang diduga kuat membawa kayu ilegal tersebut ditemukan melintas sekira 14.00 waktu setempat, tepatnya disekitaran jembatan Rahabangga Unaaha, Kabupaten Konawe, Sultra.

Muatan truk tersebut diketahui setelah dilakukan pembongkaran sebagian angkutan saat hendak melintas dijembatan Rahabangga yang sedang dikerjakan, untuk mengurangi berat muatan.

Sejumlah informasi menyebutkan jika kayu  yang diduga ilegal tersebut melibatkan Sartono, oknum Kepala Desa Todoloyo.

Hal itu diketahui setelah awak media  ini mendapatkan salah satu mobil truck dengan nomor polisi F 9110 WA dijalan poros provinsi pada Selasa malam, 15/12/2020 yang sedang memuat kayu yang sudah diolah.

Dari hasil wawancara sejumlah sumber diketahui kayu olahan tersebut diduga kuat berasal dari wilayah kawasan diwilayah Kabupaten Konawe Utara.

Nur Alim, salah satu sopir truck mengatakan bahwa kayu yang sedang dimuat milik Sartono, Oknum Kepala Desa Todoloyo.

“Kayu yang dimuat itu adalah milik Sartono Kepala Desa Todoloyo di Konawe Utara sebanyak 27 kubik, akan diantar ke Sengkang, Kabupaten Wajo, Sulawei Selatan untuk pembangunan rumah,” ungkapnya.

Dari pantauan awak media dilapangan, ditemukan sedikitnya ada 3 mobil truck beriringan memuat kayu dengan membawa dokumen berupa surat keterangan asal usul (SKAU) yang diduga kuat tidak sesuai, alias Palsu.

Sumber terpercaya media ini menyebutkan, dokumen yang digunakan seakan akan dari kayu olahan industri sementara kayunya berasal langsung dari kawasan.

Dari sumber tersebut pun diketahui jika kayu olahan yang dimuat 3 truk milik dua orang bernama Sartono dan Azis.

Sartono, salah satu pemilik kayu yang dikonfirmasi via WhatsApp mengakui jika kayu tersebut adalah miliknya. Namun dirinya mengklaim bahwa kayu tersebut memiliki dokumen.

“itu sudah lengkap dinda,” jawab Sartono sembari mengirimkan foto yang disebutnya sebagai dokumen kayu yang telah dikirim.

Terpisah, Azis yang dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp juga membenarkan kepemilikan kayu tersebut.

Sayangnya, saat ditanya lebih jauh terkait dokumen kepemilikan, Azis marah dan memaki awak media.

“Siapa kau, memangnya kamu petugas Dok so tau saja, dan masalahmu apa dengan pengusaha kayu, Kendari Pos saja saya tidak takutji apalagi kamu,” jawab Azis melalui pesan WhatsAppnya.

Foto dokumen yang dikirim oknum kades todoloyo via WhatsApp

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *