Pengadaan Ternak Sapi Disorot Oknum Kades Tana Sumpu Diduga Kuat “Tilep” DDS 2019

Viewer : 231 Kali
Korupsi Bantuan Sapi

Morowali Utara, Libasnews.co.id –

Program pengadaan Sapi Desa Tana Sumpu, Kecamatan Mamosolato, Kabupaten Morowali Utara (Morut) menamba daftar panjang dugaan penyalahgunaan anggaran Dana Desa (DDS).

Berdasarkan keterangan sejumlah sumber yang sekaligus penerima bantuan ternak Sapi itu, bahwa program pengadaan Sapi yang dianggarkan melalui alokasi Anggaran Pendapatan Negara (APBN), Post anggaran DDS tahun 2019, bahwa ralisasi program tersebut diduga kuat sarat permasalahan.

Pasalnya ternak Sapi yang dibagikan kepada Warga yang dibeli dari salah seorang warga Desa Tana Sumpu berinisial Seno, diduga kuat menyalahi petunjuk pelaksaan tekhnis (Jutnis) pengalokasian anggaran tentang pengadaan barang dan jasa.

Hal tersebut tampak jelas pada jenis dan bobot hewan ternak yang dibagikan kepada warga Desa Tana Sumpu, Harun warga dusun III, Ino warga dusu IV, Sutarno warga Dusun II, Omai Dusun I. Ternak tersebut masih kecil bahkan ada yang belum ditusuk hidungnya.

Seperti yang diungkapkan oleh Suramini istri Sutarno, salah satu penerima bantuan ternak Sapi itu, saat dikonfirmasi dikediamannya (02/02/20). “Sapi yang saya terima dari bantuan Desa itu masih kecil. Baru cucuk hidung. Hampir sama yang diterima teman saya pak” Ungkap Suramini yang diamini oleh Harun.

Ditempat terpisah, tepatnya di Dusun II, Desa Tana Sumpu, Istri Seno, Pemilik Sapi mengakui hal tersebut. Saat dikonfirmasi, lebih jauh membeberkan bahwa Dirinya tidak tau jika Sapi miliknya yang terjual dengan harga Rp.5.000.000 itu adalah program pengadaan yang dilakukan oleh Pemerintah Desa untuk bantuan warga.

“Sapi yang saya jual lima juta itu, saya tidak tau kalau itu dibeli oleh pak Kades untuk bantuan Warga dan dibeli menggunakan Anggaran Desa Pak” ungkap Ibu Seno.

Terkait program pengadaan bantuan ternak Sapi itu, pihak Kades Tana Sumpu belum sempat dikonfirmasi. Saat kru libasnews.co.id mendatangi, yang bersangkutan lagi tidak ditempat. (Al).

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *