Polres Morut Diminta Segera Usut Kasus Dugaan Penyalahgunaan Anggaran Sanitasi di Morut 

Viewer : 443 Kali
Polres Morut diminta segera usut kasus dugaan penyalahgunaan anggaran Sanitasi di Morut
Polres Morut diminta segera usut kasus dugaan penyalahgunaan anggaran Sanitasi di Morut

Morut_Sulteng, Libasnews.co.id-

Asumsi mengswakelolakan angaaran adalah untuk melibatkan masyarakat dalam pemberdayaan, sekaligus menggiring pencapaian target efektivitas alokasi penggunaan anggaran secara proporsional. 

Namun lain halnya yang terjadi di Morowali Utara (Morut), Sulawesi Tengah (Sulteng) atas program swakelolah pembangunan sejumlah sarana sanitasi septic tank. 

Pihak yang bertanggung jawab atas pembangunan program yang dimaksud, justru elegan secara berjamaah mengkangkangi anggaran program itu, dan membiarkan program tersebut ditelantarkan begitu saja. 

Menurut sejumlah element masyarakat yang ditemui crew Libas News saat melakukan penelusuran disejumlah titik program pembangunan septic tank itu, menyatakan bahwa program tersebut terbengkalai dan tidak bisa difungsikan. 

“Ada beberapa titik di Morowali ini pak yang dapat program itu. Kalau saya tidak salah itu, ada di Bungku Utara, di Desa Uweruru, dan di Kecamatan Mori Atas, Desa Ensa. Anggarannya itu, sama dan celakanya, nasibnya juga sama tidak bisa difungsikan pak, “ungkap Sumber yang enggan disebutkan identitasnya. 

Selain itu, Ia juga menyatakan bahwa sejumlah program yang dibangun ditahun 2019 dengan anggaran cukup pantastis, berkisar Rp400juta perpaket, ironisnya dua tahun anggaran telah berlalu, pihak penanggung jawab program itu, tidak dapat menyelesaikan kewajibannya dan tidak tersentuh proses hukum. 

Atas kondisi program tersebut, Direktur Eksekutif Jaringan Advokasi Pemberdayaan Masyarakat Pesisir Indonesia (Jari Indonesia), Andi Samsu Alam, menyatakan keprihatinannya sekaligus meminta sikap tegas dan keseriusan aparat penegak hukum dalam mengungkap dalang dibalik kasus dugaan tindak pidana korupsi (Tipikor) program Sanitasi Septic tank di Morut. 

“Kita berharap kasus ini tidak seperti kasus kasus tipikor sebelumnya. Kasus ini adalah tantangan buat Kapolres Baru di Morut. Kita akan lihat endingnya nanti. Kita hanya bisa berharap Sat Tipikor di Polres Morut, mampu bekerja profesional mengungkap dalang kasus ini, “tandas Bang Andi. 

Selain itu, Bag Andi berharap agar kasus dugaan tipikor Septic tank yang saat ini lagi viral, dapat berjalan sebagaimana mestinya, “Hal ini harus diusut tuntas, tidak boleh ada pembiaran. Siapapun yang terlibat, tuntaskan tanpa tebang pilih, “pungkas Bang Andi. 

Refortase : Her/rd

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *