Sejumlah Aktivis Sultra Akan Laporkan Dugaan Perjualbelian Bantuan Alsintan Konawe

Viewer : 131 Kali
IMG-20210222-WA0002

Bantuan Alsintan kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara yang diduga telah diperjualbelikan oknum tidak bertanggung jawab.
Bantuan Alsintan kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara yang diduga telah diperjualbelikan oknum tidak bertanggung jawab.

Konawe.www.libasnews.co.id-

Alat dan mesin pertanian (alsintan) menjadi andalan para petani di Sulawesi Tenggara untuk mempercepat pengolahan lahan dan Percepatan tanam.

Untuk itu, Pemerintah banyak memberikan bantuan pertanian melalui Alsintan agar petani bisa Maju, Mandiri, dan Modern. Pertanian yang maju itu adalah pertanian yang memanfaatkan teknologi, temasuk penggunaan alsintan. Namun sangat di sayangkan, bantuan yang bertujuan meningkatkan perekonomian para petani ini justru kerap disalahgunakan oleh oknum tertentu.

Dikabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara, misalnya.

Berdasarkan hasil Investigasi Media libasnews.co.id diketahui sejak 2018 dan 2019, beberapa oknum yang menjadikan Alsintan sebagai lahan bisnis. Baik untuk petani, para Tim sukses sampai dengan pejabat terkait yang diduga keras ikut terlibat dalam permainan bisnis Alsintan.

Dari hasil penelusuran sementara, salah satu oknum berinisial “S”, disinyalir telah memperjual belikan alsintan jenis traktor “Jonn deere” serta alat pemotong padi, keluar dari Kabupaten Konawe, bahkan ada yang disebut telah dijual keluar dari wilayah Sulawesi Tenggara.

Seorang sumber terpercaya media ini bahkan mengaku siap menjadi saksi apabila aparat penegak hukum membutuhkan informasi terkait persoalan ini.

“Saya siap menjadi saksi kalau saya di butuhkan pak dan saya akan bongkar semua siapa pelakunya” Ungkap sumber yang meminta namanya dirahasiakan untuk sementara waktu ini.

Menyikapi informasi tersebut, sejumlah aktivis pegiat korupsi asal Sulawesi Tenggara berencana akan melaporkan adanya dugaan korupsi dan penyalahgunaan wewenang dalam program pengadaan alsintan tersebut.

Laporan : Tim Sultra

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *