Tidak Transparan, Penyaluran Beasiswa Wowonii Cerdas 2020 Disorot

Viewer : 22 Kali
Pandy, salah satu mahasiswa asal Wawonii
Pandy, salah satu mahasiswa asal Wawonii

Laporan : Muh Fatur Rahman

Konkep, Libasnews co.id-
Penyaluran Beasiswa Wawonii Cerdas 2020 yang tidak transparan beberapa hari yang lalu, dipertanyakan kalangan mahasiswa Wawonii.

Bagaimana tidak, beberapa mahasiswa terbukti telah mendapatkan transferan dana beasiswa setelah melakukan pengecekan rekening, tanpa adanya pengumuman nama penerima Beasiswa tersebut.

Pandy Priyono A.S, salah satu Mahasiswa UHO mengaku mengetahui adanya penyaluran beasiswa dari informasi yang beredar dikalangan mahasiswa, namun bukan pengumuman resmi.

Menananggapi hal itu, mahasiswa yang akrab disapa Pandy ini pun menyoroti tindakan dinas pendidikan Konawe kepulauan (dispend Konkep) dan Panitia Beasiswa, ihwal proses penyaluran beasiswa tersebut.

Pemuda Asal Desa Bobolio Kec. Wawonii Selatan yang juga Presiden Mahasiswa UHO 2020 /2021 menegaskan, “proses penyaluran beasiswa wawonii cerdas seharusnya dilakukan secara terbuka dan prosedural sebagaimana mestinya jangan kemudian nama-nama itu ditutup tutupi,” tegas Pandy.
Untuk itu, dirinya meminta dinas pendidikan Konawe kepulauan segera merilis dan mengumumkan hasil verifikasi penerima beasiswa ini.

“Kami minta dispen Konkep segera merilis nama hasil verifikasi sebagaimana biasa yang dilakukan,”

Selain itu, dirinya pun meminta Kepala dinas pendidikan agar memberikan pernyataan dimedia terkait proses penyaluran beasiswa yang banyak menuai kritik dan pertanyaan sehingga tidak menimbulkan kegaduhan dimasyarakat, khususnya dikalangan mahasiswa.

Dirinya menilai, jika dinas pendidikan tetap tidak mengumumkan nama penerima beasiswa setelah informasi ini beredar, berarti ada unsur kesengajaan dengan tujuan tertentu.

“Dan mereka (Dinas pendidikan dan panitia, red), harus mempertanggungjawabkan segala konsekwensinya,” sambungnya.

Menurutnya, penyaluran dana penerima seharusnya didahului dengan pengumuman nama penerima beasiswa berdasarkan hasil verifikasi berkas yang di lakukan panitia untuk menjadi acuan penyaluran.

Hal ini juga bertujuan agar ¬†para pendaftar yang dinyatakan tidak lulus bisa mengetahui penyebab ketidak lulusannya,” Jalasya.

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *