Dinkes Lutim Gelar Orientasi Perawatan Jangka Panjang Bagi Lansia

Viewer : 34 Kali
IMG-20210924-WA0029
Dinkes Lutim Gelar Orientasi Perawatan Jangka Panjang Bagi Lansia

Malili_Lutim, Libasnews.co.id-

Guna meningkatkan Pelayanan Kesehatan Lansia sesuai standar dalam mewujudkan Lansia yang sehat dan mandiri, Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu Timur melalui Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi Bidang Kesehatan Masyarakat menggelar Orientasi Perawatan Jangka Panjang Lansia tingkat Kabupaten Luwu Timur di Hotel Ibis Jln Maipa No. 8 Losari Makassar, 23-24 September 2021.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu Timur, dr. Rosmini Pandin, MARS. yang membuka kegiatan tersebut mengatakan, Lansia cenderung menderita lebih dari satu penyakit (multi patologi), jenis penyakit yang diderita pada umumnya merupakan penyakit degeneratif yang bersifat kronis dan kompleks yang membutuhkan waktu, tenaga dan biaya yang tidak sedikit sehingga menjadi beban bagi masyarakat dan Pemerintah termasuk program Jaminan Kesehatan Nasional.

“Oleh karena itu, upaya pemeliharaan lansia lebih mengutamakan promotif dan preventif dengan dukungan kuratif dan rehabilitatif yang berkualitas di fasilitas-failitas kesehatan, sehingga lansia yang sehat tetap sehat, yang sakit kembali sehat atau tidak bertambah sakit dan kemunduran kondisi fisiknya dihambat secara optimal,” jelas Rosmini.

Rosmini menambahkan, perawatan jangka panjang adalah sistem kegiatan terpadu yang dilakukan oleh tenaga kesehatan atau caregiver untuk memastikan bahwa lanjut usia yang tidak sepenuhnya mampu merawat diri dapat menjaga kualitas tertinggi kehidupannya sesuai dengan keinginan dan memiliki kebebasan, otonomi, partisipasi dan pemenuhan kebutuhan pribadi serta kemanuasiaan.

“Puskesmas sebagai garda terdepan dalam pelayanan kesehatan lansia diharapkan mampu melaksanakan perawatan jangka panjang bagi lansia diwilayah kerjanya serta bekerjasama dengan pihak-pihak terkait sesuai tugas dan kewenangannya. Perlu diketahui bahwa, pelayanan kesehatan lansia merupakan salah satu dari 12 indikator SPM Bidang Kesehatan,” imbuhnya.

Terakhir, mantan direktur RSUD I Lagaligo ini berharap setelah kegiatan ini semua Puskesmas yang ada di Kabupaten Luwu Timur mampu mengembangkan perawatan jangka panjang yang optimal bagi lansia yang mengalami penurunan kapasitas fungsional, sehingga dapat mempertahankan dan meningkatkan kualitas hidupnya.

Adapun jumlah peserta pada orientasi ini sebanyak 36 orang yang terdiri dari Dokter dan Pengelola Lansia di Puskesmas se-Kabupaten Luwu Timur.

Sementara Pemateri berasal dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan, H. Mohamad Husni Thamrin, SKM, M.Kes (Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat) dengan tema “Kebijakan Pelayanan Kesehatan Bagi Lansia Sesuai Standar Dimasa Pandemi Covid19” dan Lilis Triesna Sari, S.Tr. Keb. dengan tema “Petunjuk Teknis Pelayanan Psoyandu Lansia dan Posbindu PTM Terintegrasi”.

Selain itu, ada juga dari Divisi Geriatri, Departemen Ilmu Penyakit Dalam FK UNHAS / RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar, Dr. Agus Sudarso, SpPD, K-Ger. yang akan membawakan materi dengan tema “Pelayanan Jangka Panjang Bagi Pasien Geriatri” dengan Fokus : Pelayanan Asuhan Rumah/Home Care. (ikp/kominfo/Memed)

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *