RSU St. Madyang Siapkan Layanan Pemeriksaan CT Scan. Ini tujuannya.!

Viewer : 112 Kali
RSU St. Madyang Siapkan Layanan Pemeriksaan CT Scan
RSU St. Madyang Siapkan Layanan Pemeriksaan CT Scan

Palopo, Libasnews.co.id-

Dalam upaya memaksimalkan pelayanan kesehatan dalam hal pemeriksaan, RSU ST.Madyang Palopo terus melengkapi berbagai Fasilitas penunjang kesehatan, mulai dari pengadaan dokter spesialis, hingga penambahan sejumlah alat peralatan pemeriksaan canggih.

Dalam upaya menunjang diagnosa penyakit, saat ini RSU ST.Madyang sudah melengkapi diri dengan menghadirkan pemeriksaan CT Scan.

Peralatan pemeriksaan medis yang menggunakan kombinasi teknologi sinar-X dan sistem komputer khusus ini dipakai menghasilkan gambar organ, tulang, dan jaringan lunak di dalam tubuh.

CT Scan atau Computerized Tomography Scan dapat memberikan informasi yang lebih rinci dan akurat daripada foto Rontgen biasa.

Pemeriksaan CT Scan umumnya digunakan untuk memperoleh diagnosis kelainan otot, tulang, dan sendi, menentukan lokasi dan ukuran tumor, menentukan lokasi infeksi dan bekuan darah, memandu prosedur medis, seperti operasi, biopsi, atau terapi radiasi, mendeteksi dan memantau perkembangan kondisi dan penyakit tertentu, seperti kanker dan sakit jantung, serta mencari tahu lokasi cedera atau perdarahan internal.

Bagian tubuh yang sering diperiksa menggunakan CT scan, diantaranya :

Kepala, untuk mendeteksi jaringan yang mati akibat stroke, tumor, pengerasan jaringan, pendarahan, dan trauma kepala;

– Paru-paru, untuk mendeteksi adanya luka, peradangan, infeksi, atau bahkan kanker pada paru-paru;

– Jantung, untuk menghasilkan gambar pembuluh darah arteri koroner;

– Rongga perut dan panggul, untuk mendiagnosis penyakit pada organ-organ di rongga perut dan panggul, seperti limpa, hati, pankreas, dan saluran empedu; dan,

– Tulang, untuk memindai kondisi patah tulang dan mengukur kepadatan mineral tulang guna mendeteksi osteoporosis.

Saat berbincang dengan sejumlah awak media, pihak RSU ST.Madyang melalui bidang kehumasan menjelaskan, penambahan peralatan pemeriksaan canggih merupakan salah satu upaya untuk memberikan pelayanan maksimal, khususnya dalam mendeteksi penyakit sehingga dalam memberikan pengobatan pun lebih pasti dan terarah.

Ketepatan dan kecepatan hasil pemeriksaan yang diperoleh dalam mendiagnosa penyakit, akan berdampak pada sistem pelayanan, mulai dari pemberian obat, hingga penentuan langkah medis yang tepat terhadap pasien, yang pada akhirnya akan memberikan jaminan proses penyembuhan yang lebih cepat dan lebih baik. terang Ima Fatimah, SKM., M.Kes, salah satu staff administrasi RSU.ST. Madyang.

Lebih lanjut ibu muda yang akrab disapa ibu Imha ini menjelaskan, target akhir yang ingin dicapai dalam memaksimalkan pelayanan seperti ini adalah menjamin hadirnya pelayanan terbaik dan nyaman bagi masyarakat, sesuai visi-misi RSU ST. Madyang. (Arief Rachman)

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *