Asisten III Setda Kabupaten OKU Hadiri Vidcon Penilaian Event Kepala Daerah Inovatif Se-Sumsel

Viewer : 56 Kali
IMG-20200708-WA0034
Asisten III Setda Kabupaten OKU Hadiri Vidcon Penilaian Event Kepala Daerah Inovatif Se-Sumsel

Baturaja_Oku, Libasnews.co.id-

Asisten III Setda Kabupaten OKU, Romson Fitri SH, MH Menghadiri Vidcon Penilaian Event Kepala Daerah Inovatif Se-Sumsel Secara Online Piala Mendagri Bertempat di Ruang Induk Rumah Dinas Bupati OKU (Rabu, 08/07/2020)

Ajang Penilaian Event Kepala Daerah Inovatif Se-Sumsel, ini diselenggarakan oleh Sumatera Ekspres (Sumeks) bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan.

Event ini memperebutkan Piala Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI. Adapun juri dalam event tersebut, juri 1 Drs. Matheos Tan, M.M dari BPP Kemendagri RI, juri 2 Dr. Ekowati Retnaningsih, SKM., M.Kes selaku Kepala Balitbangda Sumsel, juri 3 Prof. Didik Susetyo, SE Sebagai ahli ekonomi Universitas Sriwijaya, juri 4 Dr. Azwar Agus, S.H., M.Hum sebagai Rektor Universitas Taman Siswa dan acara ini langsung di moderatori oleh GM Sumatera Ekpres Hj.Nurseri.

agar kiranya Pemerintah Kabupaten/Kota Se Provinsi sumsel yang terjadwal hari ini dapat menyiapkan paparan materi mengenai Inovasi di masing – masing daerah.

Mengawali paparan, Asisten III Bidang ADM Umum Setda Kabupaten OKU Romson Fitri SH,. MH mewakili Pemkab OKU menyampaikan salam hangat dari masyarakat Kabupaten OKU kepada dewan juri dan pelaksana kegiatan.

Paparan tersebut mengambil judul materi “IMPLEMENTASI TRANSAKSI NON TUNAI (TNT) PADA PEMERINTAH KABUPATEN OKU”.

Dikesempatan ini, Asisten III Bidang ADM Umum Setda Kabupaten OKU Romson Fitri SH,. MH menjelaskan Kabupaten OKU dalam menerapkan Transaksi Non Tunai Khususnya bagi ASN Sudah dilaksanakan sejak tahun 2018. Kedepan kebijakan TNT ini akan terus diterapkan dan dikembangkan kepada mitra pemerintah karena sesuai dengan kebijakan pemerintah pusat.

Pemkab OKU akan menginventarisir inovasi yang telah dilakukan oleh setiap OPD, untuk selanjutnya akan dilaporkan kepada Pemerintah tentang Inovasi yang sudah dilaksanakan.

Manfaat dari dilaksanakannya transaksi non tunai diantaranya penerimaan dan pengeluaran mudah dikontrol melalui rekening koran per transaksi per hari, transaksi dapat dilakukan 24 jam sehari, bertransaksi lebih aman, praktis dan efisien.
Untuk pengembangan inovasi di tahun 2020 ini, Pemkab OKU melakukan pengembangan elektronifikasi transaksi non tunai dengan penerapan implementasi transaksi pajak online dengan menggunakan Tapping Box pada januari 2020.

Melakukan penerapan SP2D online baik belanja langsung dan tidak langsung per januari 2020 serta melakukan monitoring penerapan SP2D online kepada seluruh OPD pada tanggal 6 januari 2020.

Melakukan sosialisasi pajak online melalui Tapping Box kepada seluruh OPD pada bulan Februari 2020 yang lalu.

Dengan inovasi transaksi non tunai Pemkab OKU telah meraih prestasi dan penghargaan antara lain dari Bank Sumsel Babel Syariah dan Mitra Pemerintah serta berhasil mendapatkan penghargaan WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) selama 5 tahun berturut-turut.

Turut mendampingi acara ini, OPD dan Kabag Terkait. (Alv)

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *