Diduga Kangkangi Aturan dan Cemari Lingkungan, PT. Barus Family Jaya Didemo

Viewer : 239 Kali
IMG-20200708-WA0025
Diduga Kangkangi UU No 32 Th 2009, PT. Barus Family Jaya Cemari Air Sungai Ogan

Baturaja_Oku, Libasnews.co.id-

Aliansi Masyarakat Peduli lingkungan hidup Kabupaten OKU sambangi kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Rabu, (8/7/20)

Kedatangan massa tersebut melakukan Orasi untuk menyampaikan aspirasi agar pemerintah segera mencabut izin PT. Barus Family Jaya yang dinilainya telah mencemari aliran Sungai Ogan dalam 10 hari terahir ini.

Dalam orasinya, Josi Robet, koordinator aksi menyatakan mengutuk keras pelaku pencemaran lingkungan lingkungan yang terjadi dialiran sungai Ogan Dalam.

Melalui Josi Robet, peserta aksi menuntut Dinas lingkungan hidup Kabupaten OKU untuk segera mencabut izin dan menutup kegiatan PT Barus Family Jaya.

Ditempat yang sama Mimin menyampaikan, “kami bersama Tim sudah turun langsung kelapangan melihat jelas kegiatan PT. Barus Family Jaya. Dan hasilnya, kami menemukan kegiatan yang diduga kuat menjadi sumber pencemaran Sungai Ogan. Olehnya itu kami minta agar pemerintah segera mencabut izin operasional PT.Barus Family Jaya,” terangnya.

Selain itu, massa juga meminta pemerintah daerah segera mencopot kepala dinas lingkungan hidup Oku karena dinilai telah lalai dalam menjalankan tugasnya, khususnya dalam melakukan pengawasan kegiatan PT.Barus Family Jaya.

Para peserta aksi mensinyalir, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten OKU dan Pejabat Terkait telah menerbitkan UKL – UPL PT Barus Family Jaya tidak mengikuti ketentuan yang ada.

Melalui perwakilannya, massa pun meminta aparat kepolisian melakukan Proses Hukum terhadap kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten OKU dan Pejabat terkait karena patut di duga telah menerbitkan UKL – UPL yang tidak sesuai prosedur.

Sementara itu kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Nopriyansah ST MM, menyampaikan bahwa perusahaan tersebut sudah memiliki Izin explorasi tambang.

“Perusahaan tersebut sudah memiliki izin explorasi tambang,” ujarnya. (Alv)

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *