Direktur Eksekutif LSM Jari Indonesia Targetkan Bedah Rumah “Pak Makbul” Rampung April 2020

Viewer : 123 Kali
Pak Makbul berfoto didepan rumahnya sebelum dibedah.
 
Rumah Pak Makbul sebelum dibedah Tim Bedah Rumah LSM Jari Indonesia
Morut_Sulteng, Libasnews.co.id,
Program bedah rumah Lembaga Swadaya Masyarakat Jaringan Advokasi Pemberdayaan Masyarakat Pesisir Indonesia (LSM JARI INDONESIA) di Desa Woomparigi, Kecamatan Bungku Utara, kabupaten Morowali Utara, ditargerkan selesai April 2020.
Bangunan rumah layak huni LSM JARI INDONESIA atas warga tidak mampu yang menyasar warga Desa Woomparigi, Makbul (49thn) yang hidup sendiri menempati gubuk reok berukuran 2×2 meter, tanpa adanya sentuhan dari pemerintahan setempat.
Makbul saat ditemui kru libasnews.co.id di tempat itu,  (24/03/20) menuturkan, selama kurung waktu 10 th, Dirinya hanya dapat pasrah hidup menempati pondok reoknya, tanpa sentuhan Pemerintah Morut.
Selain itu,  ditengarai Makbul dalam menjalankan aktivitas kesehariannya, hanya menggantungkan hidup beraktivitas diatas kursi roda itu yang juga sudah keropos.
“Saya tinggal sendiri dirumah itu. Dulu saat saya belum cacat saya pernah punya istri, tapi setelah saya jatuh dari atas pohon,  saya cacat seperti ini,  istri saya pergi tinggalkan saya. Saya sangat bersyukur dengan adanya program LSM ini yang mau bantu saya kasian” tutur Makbul.
Selain itu kata Makbul “Kemarin berkat Usaha keras mereka, saya baru dapat bantuan kursi roda baru. Hanya saja tidak bisa saya pakai diluar rumah kasian. Kalau untuk diluar rumah itu, harus yang dirakit pak. Kalau Rumah saya dulu tidak seperti ini, hanya kayak kandang kambing tapi sekarang sudah berubah dan hampir selesai” imbuh Makbul.
Rumah Pak Makbul dalam proses rehab


Terkait hal tersebut, Andi Samsu Alam, Direktur Eksekutif LSM JARI INDONESIA yang sekaligus sebagai penanggung jawab program bedah rumah itu, saat ditemui kru libasnews.co.id, di Kolonodale  (27/03/20) mejelaskan bahwa,  program itu adalah sebagai wujud kepedulian pengurus Lembaga terhadap Msyarakat tidak mampu.
“Program ini pak,  adalah Murni sebagai bentuk kepedulian kita terhadap masyarakat, dan jalan apapun kita lakukan,  sepanjang tidak melanggar aturan, kami akan maksimalkan. Kita lihat saja, rumah pak Makbul, itu hanya Swadaya murni,  karena ada kemauan, akhirnya terbangun juga” tutur Andi.
Masih kata Andi, “Bangunan yang semula, gubuk reok, sudah hampir setahun hingga saat ini belum rampung, soalnya bangunan itu murni swakelolah dan sampai saat ini belum ada sentuhan Pemerintah. Dana pembangunan itu, melalui Les dor to dor. Dari angka ribuan itu kita kumpulkan, dan silahkan dicek disana” terang Andi.
Atas program rumah hunian layak huni berukuran 5x6meter yang sedang dalam pengerjaan dengan diestimasi anggaran Rp45juta itu, berdasarkan progress pekerjaan, Andi, mentargerkan akan rampung bulan April 2020.
Untuk mencapai target tersebut,  kata Andi Tim Bedah Rumah LSMS JARI INDONESIA,  membuka ruang bagi siapa saja yang akan berpartisipasi, ” Kita membuka ruang siapa saja yang ingin berpartisipasi dalam rangka penyelesaian bangunan itu” Katanya. (shr)
ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *