Jumlah PDP dan ODP Meningkat,  Tim Satgas covid-19 Morut Himbau Masyarakat Tingkatkan Kewaspadaan

Viewer : 150 Kali
IMG-20200328-WA0000

Morut_Sulteng, Libasnews.co.id,-

Seiring meningkatnya jumlah angka terhadap orang dari kota terdampak yang tersebar di Morowali Morut (Morut), Sulawesi Tengah (Sulteng), Tim Satgas melalui Kepala Dinas Kesehatan meminta warga agar tingkatkan kewaspadaan.
Demikian penegasan himbauan yang disampaikan Delnan Lauende, M.Kes. Wakil Ketua Satgas Penanggulangan Pendemi Covid-19 Morut, di Kolonodale Jum’at (27/03/20), diselah Kegiatan pembersihan Gedung Lama Rumah Sakit Kolonodale.
Menyadari begitu beratnya tugas yang diemban tim Medis Satgas covid-19 di Morut, yang setiap harinya melakukan pantauan dan pemeriksaan terhadap 425 orang dari kota terdampak,  Delnan Lauende, kembali menegaskan kepada seluruh lapisan masyarakat agar mematuhi segala himbauan selama masa tanggap darurat.
Menurut data yang dilansir dari Tim Satgas covid-19 Morut, bahwa saat ini telah terjadi peningkatan angka orang dari kota terdampak sebanyak 425 orang, sedangkan Orang Dalam Pemantauan (OPD) berjumlah 8 orang, dan Pasien Dalam Pemantauan (PDP) sebanyak 3 Orang, sehingga total berjumlah 436 orang.
Dari jumlah 425 Orang dari kota terdampak yang dimaksudkan, tersebar di beberapa wilayah kerja PKM antara lain; PKM Kolonodale 177 orang, PKM Beteleme 17 Orang, PKM baturube12 orang, PKM Molino 66 orang, PKM Tambayoli 16 orang, PKM Tomata 57 Orang, PKM Petumbea 17 orang, PKM Panca Makmur 21 Orang, PKM Anutoluwu 2 Orang, PKM Lee 2 Orang, PKM Mayumba 35 Orang, PKM Pandauke 17 Orang, dan wilayah kerja PKM Lijo 1 Orang, sedangkan PKM Wongkondaya belum diketahui berapa hasil pantauan.
Penambahan angka yang cukup signifikan itu,  membuat petugas kesehatan dan Tim Satgas covid-19 Morut bekerja ekstra, dan setiap harinya mengunjungi rumah orang tersebut memantau dan melakukan pemeriksaan kondisi kesehatan sesuai dengan Standar Prosedural Operasional dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, selama kurung waktu 14 hari berturut-turut.
Sekalipun dari total 436 Orang tersebut, Kata Delnan Lauende, belum ada yang terdiagnosa positif Covid-19, akan tetapi masyarakat diminta tetap waspada, untuk meminimalisir potensi penyebaran virus covid-19, ditengah-tengah masyarakat.
“Saya menghimbau agar Masyarakat tingkatkan kewaspadaan, mematuhi segala himbauan dari Tim Satgas dan petugas kesehatan di daerah, menjaga pola hidup sehat, mengurangi aktivitas diluar rumah, menghindari kerumunan massa, jaga jarak tatap muka, tidak bepergian keluar Daerah Morut” tandas Delnan.
Selain itu, “meghindari kontak pisik secara langsung selama masa tanggap darurat guna memperkecil kemungkinan penyebaran Pendemi Virus Corona”, Pungkas Delnan. (Al).

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *