Karyawan Pendemo Marah, PT.OSS Dan PT.VDNI Konawe Jadi Lautan Api

Viewer : 124 Kali
Karyawan Pendemo Marah, PT.OSS Dan PT.VDNI Jadi Lautan Api

Laporan : Andi Zulfitrah
Konawe_Sultra, Libasnews.co.id-
Aksi demonstrasi penuntutan upah kerja di PT VDNI dan OSS berakhir ricuh, Senin 14/12/2020.
Demonstrasi yang berakhir ricuh ini di akibatkan salah satu masa aksi memancing melempar kerumunan pihak keamanan polres Konawe yang turun mengawal sekaligus mengamankan di PT. Virtu dan OSS serta pihak security perusahaan.
Kericuhan ini mengakibatkan puluhan kendaraan roda empat dan roda dua terbakar karna diamuk massa yang tidak bisa dibendung lagi pihak keamanan.
Masa aksi yang berjumlah lebih kurang 1000 orang bahkan sempat menduduki beberapa titik vital perusahaan.
Pantaun awak media dilapangan, hingga malam hari, sedikitnya lebih kurang 40 mobil truk ludes dibakar masa.
Selain Truk, sejumlah kendaraan berat seperti Eksavator, doser, dan kendaraan lapangan perusahaan, juga ikut di bakar masa yang kian beringas karna tuntutan mereka tak ditanggapi kedua perusahaan tersebut.
Selain itu, ada 5 kendaraan roda dua milik security dan humas yang ikut dibakar.
Seolah tak puas dengan itu, massa aksi pun melakukan pembakaran beberapa aset perusahaan, seperti tempat penyimpanan alat AFD, puluhan kamar Mess yang dihuni TKA China, Perusakan dua posko induk security serta alat peraga perusahaan.
Massa aksi yang seolah kehilangan kesabaran sempat merusak 3 kendaraan pribadi milik aparat kepolisian yang ikut mengamankan aksi.
Anto, salah satu peserta aksi yang tergabung dalam gerakan ini mengaku sangat menyesalkan pihak perusahaan yang membisu bahkan terkesan menyepelekan gerakan ribuan TKL yang memperjuangkan haknya.
“Kami hanya meminta dua saja point penting apa yang jadi subtansi gerakan kami hari ini, yaitu kenaikan upah buruh dan PKWTT yang saat ini pihak perusahaan belum menjawab itu padahal dua Minggu lalu kami sudah pernah melakukan aksi yang sama hari ini dan itu juga kami minta dua Minggu lalu.
Seandainya pihak perusahaan cepat mengambil sikap dan memberi kami ruang ketemu Mr. Tony untuk menyuarakan unek-unek yang buruh perjuangkan, kami yakin aksi ricuh hari ini tak akan terjadi,” beber Anto.
Tapi yang terjadi, lanjutnya, “kami justru dilempari Aqua dan batu saat teman korlap menyampaikan orasinya dipodium. Dan itu tak bisa kami tolerir”, imbuhnya.
Dirinya pun menjelaskan, akibat dilempari, peserta aksi pun akhirnya membalas lemparan tersebut, dan terjadilah aksi saling lempar hingga menimbulkan berbagai aksi anarkis.
Selain menimbulkan kerugian yang cukup besar, kejadian ini pun diperkirakan akan membuat perusaahan pun lumpuh total selama beberapa hari kedepan karena kondisi perusahaan rusak parah.

Karyawan Pendemo Marah, PT.OSS Dan PT.VDNI Jadi Lautan Api
Karyawan Pendemo Marah, PT.OSS Dan PT.VDNI Jadi Lautan Api
Karyawan Pendemo Marah, PT.OSS Dan PT.VDNI Jadi Lautan Api
Ribuan karyawan PT.OSS Dan PT.VDNI yang menggelar Aksi Demo

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *