Kurs Rupiah Kembali Menguat Atas Mata Uang Dollar

Viewer : 108 Kali
Kurs Rupiah Kembali Menguat Atas Mata Uang Dollar

Jakarta, Libasnews.co.id –

Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan di Jakarta hingga Rabu Malam (29/30/20) menguat sejalan dengan positifnya indeks saham mayoritas kawasan terhadap dolar ($) USA.

Pada Rabu malam, Rupiah ditutup menguat 150 poin atau 0,97 persen dan atau sama dengan Rp15.295 per dolar USA dari nilai sebelumnya Rp15.445 per dolar USA.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi dalam keterangannya kepada awak Media di Jakarta, Rabu (29/4/20) membenarkan hal tersebut.

“Pasar akan mencermati apakah bank sentral AS The Fed akan memberikan petunjuk tentang arah kebijakan di masa depan setelah merespon kehancuran ekonomi akibat pandemi COVID-19 dengan memangkas suku bunga, membeli obligasi dan memberikan dukungan di pasar kredit,” kata Ibrahim.

The Fed dalam gelar rapat masih masih mendukung kebijakan pelonggaran moneter untuk membantu memulihkan perekonomian yang terdampak Pendemik Covid-19, namun mengubah tingkat suku bunga acuannya karena kebijakan stimulusnya sudah cukup besar.

USA sendiri saat ini, terdapat 1,03 juta jiwa kasus positif Covid-19, dimana pasien yang sembuh baru mencapai 142 ribu orang , sementara yang meninggal dunia berkisar 59.266 jiwa.

Pada kesempatan itu, Ibrahim juga mengatakan Fokus investor kini semakin meningkat pada rencana untuk melonggarkan lockdown dan pemulihan ekonomi global akibat pandemi COVID-19.

Pantauan LibasNews.co.id dari sisi Domestik, bahwa kasus positif Covid-19 di DKI Jakarta terus menurun, yang mengindikasikan kemungkinan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di awal Juni akan dilonggarkan dan diprediksi akan diikuti oleh Provinsi lainnya dan dengan sendirinya akan mendorong percepatan perekonomian kembali berjalan.

“Ini menjadi angin segar bagi pasar dan wajar dalam perdagangan hari ini. Arus modal asing kembali membanjiri pasar valas dan obligasi sehingga mata uang garuda kembali digdaya,” ujar Ibrahim.

Sementara itu, kurs tengah Bank Indonesia pada Rabu menunjukkan, rupiah menguat menjadi Rp15.415 per dolar USA dibanding hari sebelumnya di posisi Rp15.488 per dolar USA. (Al)

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *