Masyarakat Kabonga Besar : “Jangan Ganggu Mangrove Kami”

Viewer : 129 Kali
Warga Kabonga Besar

Donggala_Sulteng, Libasnews.co.id-

Puluhan warga Kelurahan Kabonga Besar mendatangi Pengadilan Negeri Donggala pada hari ini Selasa, 04 Februari 2020. Kedatangan mereka bertujuan menyaksikan proses persidangan yang melibatkan 5 orang warga Kabonga Besar sebagai subjek gugatan (tergugat) & Kawasan Mangrove yang membentang disepanjang pantainya sebagai Objek gugatan.

Dalam aksi Gejayan kali ini, puluhan warga Kabonga Besar tersebut ditemani oleh Ketua LPM Kabonga Besar, Daeng Matapu, salah satu RW di Kabonga Besar, Bapak Arman, salah satu RT di Kabonga Besar, Bapak Astaman, serta Tokoh Pemuda yakni Ketua Karang Taruna Kabonga Besar & lainnya.

“Kami hadir untuk mengawal proses hukum ini. Mangrove adalah satu-satunya perisai alami yang berkali-kali menyelamatkan Kabonga Besar dari terjangan tsunami sejak 1927 sampai 2018 kemarin. Jika Kawasan Hutan Mangrove ini menjadi milik pribadi, kami tak bisa membayangkan apa yang akan terjadi & akan dikemanakan mangrove-mangrove ini.” Ungkap Yurianto, salah tokoh pemuda di Kabonga Besar.

Lebih lanjut ia mengatakan, penggalangan penanda tanganan petisi penolakan klaim pribadi terhadap mangrove ini juga telah dilakulan. Bukan hanya warga Kabonga Besar, pengunjung (wisatawan) di Kawasan Mangrove ikut serta berpartisipasi dalam penanda tanganan petisi tersebut. Dan proses sidang hari ini terjadwal dengan agenda Putusan. Maka dengan sendirinya, masyarakat Kabonga Besar berinisiatif untuk mengawal secara langsung prosesnya.

“Selama ini kami lebih sering mengikuti berita, nangepe tesa (mendengarkan cerita) dari mereka yang ikut sidang. Hari ini kami harus hadir & memastikan keberpihakan hukum kepada rakyat. Bukan hanya itu, Kawasan Mangrove ini harus kami lindungi. Agar anak cucu kami nantinya juga terbebas dari hantaman tsunami seperti yang sudah-sudah.”

Sayangnya sidang dengan agenda putusan hari ini ditunda dan akan dilanjutkan minggu depan. (re).

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *