Pelantikan Pengurus Pusat Media Independen Online Indonesia (MIO Indonesia) Masa Bakti 2020-2024 Resmi di Gelar

Viewer : 93 Kali
IMG-20210130-WA0103
Pelantikan Pengurus Pusat Media Independen Online Indonesia (MIO Indonesia) Masa Bakti 2020-2024 resmi di Gelar

“Tangkas Digital Dalam Kostruktif Jurnalisme dan Kepanikan Ekonomi Menuju Indonesia New Normal”

Jakarta, Libasnews.co.id-

Pelantikan Pengurus Pusat Media Independen Online (MIO Indonesia) digelar secara virtual ditayangkan keseluruh Pengurus MIO di Indonesia dan juga secara undangan terbatas, hikmad dengan menjalani sesuai protokol kesehatan ketat, semua diukur suhu tubuh dan memakai masker juga Face Shield, gelaran Pelantikan dilaksanakan di Best Westin Kemayoran, Jum’at (29/2/2020).

Para undangan yang hadir seluruh pengurus MIO Indonesia yang akan dilantik, di ikuti pengurus DPP yang ada tersebar di seluruh provinsi Indonesia.

Dewan Pendiri, Dewan Pembina MIO Indonesia Prof. Budiharjo, Dewan Penasehat MIO, serta Dewan Pengawas MIO, Ketua Umum IPJI Lasman Siahaan, SH,MH, Waketum IPJI, Joseph Hutabarat, SH,MH, Penasehat IPJI, Taufik Rahman, SH, SE, Ketua Umum LIRA, Olis Datau, dan melalui daring zoom meeting hadir Direktur Informasi dan Komunikasi Pembangunan Manusia, dan Kebudayaan Kominfo RI, Drs,Wiryanta, MA, PhD, Anggota DPR-RI Komisi IX, Emanuel Melkiades Laka Lena, Wagub DKI Jakarta Ir,A, Riza Patria, Dewan Pers Ahmad Jauhar Ketua Komisi Penelitian, Pendataan dan Ratifikasi Pers, Dirjen Informatika dan Komunikasi Publik Kominfo RI Prof.Dr,Widodo Muktiyo.

Serta dari Pembina MIO Indonesia yang juga Ketum APIKI (Asosiasi Perdagangan dan Industri Indonesia) Dr,Anto Suroto dan para penerima APD buat Puskesmas yang ada di 5 wilayah Kota Jakarta.

Tak ketinggalan Bapak Mayjen (Purn) Asep Kuswani Msi, Han, Pembina MIO, Bapak Djoko Waluyo Pendiri MIO Indonesia.

Kegiatan diawali laporan Ketua Panitia Pelaksana Frans X Watu, menyampaikan hari ini kita dapat melaksanakan Pelantikan Pengurus Pusat Media Independen Online Indonesia (MIO Indonesia) masa bakti 20200-2024.

Sesuai tema yang kita buat” Tangkas Digital Dalam Konstruktif Jurnalisme dan Kepanikan Ekonomi Menuju Indonesia New Normal”

Tema yang kita pilih melihat situasi dan kondisi yang membelenggu kita, kita tahu saat ini kita dalam fase baru New Normal Menuju Kebangkitan ekonomi paska pandemik untuk itu kita harapkan MIO dapat menjadi mitra pemerintah dalam menyampaikan informasi yang benar kepada masyarakat, tentang dampak dan bahaya pandemik ini,”Katanya.

MIO Indonesia lanjutnya, akan terus menyampaikan pesan Bapak Presiden Joko Widodo tentang memperhatikan 3 M dalam aktifitas di masa New Normal, kami laporkan bahwa kegiatan ini dilakukan secara mandiri, dan semua kegiatan kita laksanan secara protokol kesehata, rapat panitia kita laksanakan secara virtual, lewat WA Group, dan pada kesempatan ini kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak, kepada Panitia yang telah bekerja keras, kepada semua pihak yang telah hadir walaupun melalui zoom, hadir pula perwakilan Puskesmas dari Gropet, Kemayoran dan Pulau Seribu yang akan menerima secara simbolik APD dalam Bakti Sosial ini didukung oleh APIKI, terima kasih semoga kedepan kita terus dapat bekerja sama lagi,”Harap Frans.

Pembacaan SK DPP MIO Indonesia oleh Ikin Rokiin dan Pembacaan Janji Prasetya oleh Ketua Dewan Pendiri Djoko Waluyo, serta penyerahan Pataka dari Dewan Pendiri kepada Ketum MIO Indonesia AYS Prayogie untuk dikibarkan seluruh Indonesia.

Sambutan Ketua Umum MIO Indonesia AYS Prayogie menyatakan salam dan terima kasih kepada Dewan Pendiri MIO Indonesia yang telah memberikan segenap pikiran tenaga hingga akhirnya terbentuk sebuah wadah tempat berhimpunnya perusahaan media, juga para Dewan Pembina, Wanhat, Dewan Pengawas MIO Indonesia yang luar biasa tidak pernah lelah memberikan asupan positif kepada kami semua mulai dari perumusan wadah tersebut hingga akhirnya berproses seperti ini,”sambut Ketum.

Yogi menambahkan, para sesepuh Pini sepuh, para pengurus DPP, DPD semua daerah, buat Wagub DKI Jakarta, Ir.A.Riza Patria, Ahmad Jauhar dari Dewan Pers, kepada Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena, salam hormat juga buat Direktur Informasi dan Komunikasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Kominfo RI Drs, Wiryanta MA PhD.yang kesemuanya dapat memberikan sambutan pada acara ini,”Jelas Yogi.

Kepada Ketua Dewan Pembina Prof Budiharjo salam hormat kami, yang akan memberikan wejangan dan arahan masukan kepada kami para Pengurus DPP.

MIO sebagai wadah pengusaha media harus mampu mendampingi para anggotanya, dalam upaya saya mengajak para anggota MIO, Indonesia agar kembali ke Kitahnya, dan MIO mendampingi anggotanya agar tidak menjadi media partisan, sehingga memperparah situasi itu, saya khawatir akan menyesal tidak mengambil peran strategis, dan bersikap obyektif, independen, dan menjadi salah satu pilar demokrasi Indonesia, selalu menjadi media pers menjunjung UU Pokok Pers No, 40, Kode Etik Jurnaltik,sebagai Panglimanya, serta menjadi Partner semua siapa saja untuk menyebarkan informasi bagi konten-konten pemberitaan yang dapat mencerdaskan dalam berkehidupan berbagsa dan bernegaram”pungkas Yogi,

Sementara dari Dewan Pers, Ahmad Jauhar, Selamat buat teman-teman MIO Indonesia, kami harapkan MIO dapat menjadi pembina anggotanya sehingga dapat benar-benar menegakkan, mengupayakan bagaimana institusi pers yang seharusnya, hampir semua orang dapat membuat media , tapi yang seperti apa eksis dan dapat memberikan pencerahan bagi masyarakat, sama-sama menegakkan demokrasi, saya setuju visi dan misi MIO Indonesia sudah pas, yaitu sama-sama mengangkat bagaimana Indonesia menjadi lebih baik,”katanya.

Saya dari Dewan Pers berpesan marilah kita sama-sama menyampaikan kebenaran kepada masyarakat. Informasi yang aktual, valid yang tidak distrupsi didalamnya, MIO dapat bersama-sama menjadi salah satu konstuen di Dewan Pers, yang ada di Dewan Pers ada 10, dan MIO mengarahkan anggota agar para jurnalisnya menjadi jurnalis profesional, mengikuti UKW, dan ini menjadi kesepakatan semua, akan dikuatkan di Hari Pers Nasional 2021 ini di Palembang,”tambahnya.

MIO dapat menciptakan media yang jujur, benar dan produktif dan kreatif, MIO dapat sama dengan organisasi pers yang pro dan mendukung demokratisasi di negara ini “jelasnya.

Wagub DKI Jakarta A.Riza Patria mengharapkan MIO Indonesia dapat menjadi organisasi yang memiliki visi profesional, kredibel, independen, dan dapat melaksanakan amanah organisasi dengan baik, sesuai dengan tema, saya sambut baik menuju motivasi media MIO Indonesia dan online untuk menghasilkan karya-katya terbaik dan berkontribusi dalam rangka Indonesia New Normal dalam situasi seberat apapun,”katanya

Wakil Ketua Komisi IX DPR-RI Emanuel Melkiades Laka Lana menyampaikan kami harapkan MIO Indonesia bersama masyarakat, pemerintah serta elemen lain untuk mengedukasi masyarakat agar mencegah covid 19, lebih baik mencegah daripada sakit, dan susah mendapatkan perawatan, serta pengurus MIO dapat amanah dan bekerja profesional dalam memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat, selamat berkarya dan sukses buat MIO Indonesia”pungkasnya. (R1)

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *