Pemkab OKU Terima Kunker Tim Menkopolhukam

Viewer : 69 Kali
IMG-20210604-WA0001

 

Pemerintah Kabupaten OKU Menerima Kunjungan Kerja Tim Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Republik Indonesia

 

OKU_Sumsel, Libasnews.co.id-

Pemerintah Kabupaten OKU Menerima Kunjungan Kerja Tim Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Republik Indonesia ke Kabupaten Ogan Komering Ulu. Bertempat di Ruang Rapat Bina Praja Pemkab OKU, Kamis, 03/06/2021. 

Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kab. OKU, H. Romson Fitri, SH., MH., mewakili Plh Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, M.H., Menyampaikan selayang pandang bahwa luas wilayah Kabupaten OKU adalah 4. 797, 06 Km², terdiri dari 13 Kecamatan, 14 Kelurahan, 143 Desa dengan jumlah penduduk secara keseluruhan sebanyak 366.103 Jiwa (dalam LPPD Tahun 2020). 

Sebelum pemekaran, Kabupaten Ogan Komering Ulu yang mempunyai luas wilayah ± 13.661 Km2 dan dalam luasan wilayah tersebut terdapat kawasan Objek Militer Baturaja (OMIBA) dengan luas hampir ± 43.000 Ha yang mencakup 3 Wilayah Kabupaten yakni Kab. OKU, Kab. OKU Timur, dan Kab. OKU Selatan.

Dengan kerjasama dan konsultasi aktif, segenap Perangkat Pemerintahan baik Otonom maupun Instansi Vertikal berkomitmen tinggi untuk mensukseskan semua program Pemerintahan bagi kepentingan rakyat dan kemaslahatan bangsa.

Program Kerja Pemberdayaan Masyarakat, yang salah satunya melalui karya bhakti manunggal TNI dan Polri serta Pemerintah Daerah bersama Rakyat akan terus dioptimalkan.

Sinergisme dan konsolidasi kerja akan terus ditingkatkan dalam rangka mengantisipasi berbagai potensi yang dapat menganggu dan membahayakan stabilitas kehidupan nasional di daerah ini.

Arahan Asisten Deputi Koordinasi Wilayah Perbatasan dan Tata Ruang Pertahanan, KEMENKO POLHUKAM, Brigjen TNI Yasid Sulistiya, S.Sos., M.Si. Menyampaikan Dasar Kegiatan PERPRES Nomor 73 Tahun 2020 tentang Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, bahwa Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan mempunyai tugas menyelenggarakan Koordinasi, Sinkronisasi dan Pengendalian Urusan Kementerian dalam Penyelenggaraan Pemerintahan di Bidang Politik, Hukum dan Keamanan.

Kabupaten Ogan Komering Ulu, Provinsi Sumatera Selatan merupakan salah satu daerah yang direncanakan akan dilakukan pengembangan wilayah pertahanan sebagai Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) TNI, bahkan Puslatpur dijadikan sebagai salah satu tempat untuk latihan bersama Indonesia dan Amerika Serikat, namun demikian kondisi eksisting saat ini perlu dilakukan pemantauan lapangan/monitoring terkait implementasi kebijakan tata ruang pertahanan dengan tata ruang daerah dalam rangka terwujudnya sinkronisasi penataan ruang pertahanan dalam penataan ruang nasional.

Adapun maksud Kunjungan Kerja ini dilaksanakan untuk memonitor dan mendapatkan data aktual yang valid terkait implementasi kebijakan Tata Ruang Pertahanan di Kabupaten Ogan Komering Ulu dan tujuannya sebagai bahan masukan bagi MENKO POLHUKAM/Pimpinan dalam menentukan/merumuskan kebijakan serta pengendalian kebijakan tata ruang pertahanan di Wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu.

Penyampaian Kabid Tata Ruang Pertahanan, Kementerian Pertahanan RI, Kolonel Inf. Sugeng Hartoyo, SE. Menyampaikan Tata ruang merupakan salah satu bagian yang tidak terpisahkan dalam pembangunan nasional. Aspek pertahanan merupakan aspek penting tata ruang selain aspek pembangunan kesejahteraan yang harus sinkron dan terintegrasi dalam rencana tata ruang wilayah nasional.

Keluaran yang diharapkan dari Kunjungan Kerja ini adalah diperolehnya data aktual yang valid terkait implementasi kebijakan tata ruang pertahanan dan terpetakannya secara komprehensif permasalahan/kendala yang ada di lapangan guna penentuan solusi penyelesaianya.

Untuk mewujudkan hal tersebut diperlukannya sinkronisasi yang kuat antara BAPPELITBANGDA dan BPN Kab. OKU, Kab. OKUT dan Kab. OKUS.

Acara dilanjutkan Diskusi dan Tanya Jawab., Penyerahan Plakat. Acara ditutup dengan Foto Bersama.

Acara dihadiri oleh, Asisten Deputi Koordinasi Wilayah Perbatasan dan Tata Ruang Pertahanan, KEMENKO POLHUKAM, Kabid Tata Ruang Pertahanan, Kementerian Pertahanan RI, Kolonel, Analis Kebijakan Ahli Pertama Deputi Bidang Koordinasi Pertahanan Negara, Kementerian Pertahanan RI, Plh. Bupati OKU diwakili Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kab. OKU, Dandim 0403/OKU, Kapolres OKU diwakili Wakapolres OKU, Kasdim 0403/OKU, Pasi KOMSOS KOREM 044/GAPO, OPD Terkait, Kepala BPN OKU-OKUS-OKUT, Kabag Hukum Setda Kab. OKU, Para Danramil Jajaran Kodim 0403/OKU serta Undangan Lainnya. (Alv)

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *