Pengadaan Barang dan Jasa Laboratorium Covid-19: Plh Bupati Serahkan Alat Tes PCR Swab Kepada RSUD Kolonodale

Viewer : 119 Kali
IMG-20200519-WA0004


Morut_Sulteng, Libasnews.co.id,-

Pengadaan barang dan jasa kelengkapan laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR), melalui Recofusing Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2020, senilai 1,4M, Senin (18/05/20) diserahkan pihak rekanan PT. Global Putra Sejahtera, melalui Devisi Marketing  Nuzran Joher Kepada Pemkab Morut di RSU Kolonodale.
Dalam rangkaian kegiatan itu,  Plh Bupati Morut Moh.Asrar Abd Somad, SE, didampingi Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Delnan Lauende,M.Kes, dan Devisi Marketing PT Global Putra, Nuzran Joher, disaksikan Kapolres Morut AKBP Bagus Setiyawan, SH.SIK.MH, setelah penandatanganan bersama berita acara penyerahan, selanjutnya menyerahkan kepada direktur RSUD dr.Made Pujawan.
Menurut keterangan Kepala Dinas Kesehatan Morut Delnan Lauende,M.Kes,  yang dilansir via Whatsap, bahwa total anggaran peruntukan Pengadaan prasarana laboratorium tersebut, senilai Rp1, 4M, meliputi pengadaan PCR, VTM dan Reagenx.
Adapun kualifikasi alat tersebut, menurut Devisi Marketing PT Global Putra, Nuzran Joher didepan sejumlah awak Media menjelaskan bahwa keunggulan produk PCR portable sangat efektif dan bisa dibawah kemana mana, tanpa perlu ruang khusus.
“Alat ini memiliki akurasi 97-99% membaca covid-19. Dalam satu hari bahkan bisa 200-250 orang yang dideteksi, dengan metode sekali deteksi 4-8 orang yang akan di SWAB, hanya dalam 40 menit bisa diketahui hasilnya”  ungkap Nuzran Joher.
Sementara untuk aspek kegunaan, Delnan Lauende, menjelaskan bahwa alat tersebut sangat penting untuk mendiagnosa awal setiap orang yang terindikasi Covid-19.
”Barang ini sangat penting untuk mendiagnosa awal orang terindikasi covid-19. Kalau hasilnya positif kita Swab disini, kita akan kirim kembali ke Gugus Tugas Provinsi untuk mendapatkan pengakuan secara nasional” terang Delnan.
Moh Asrar Abd Somad dalam kapasitasnya sebagai Plh Bupati Morut, memberikan apresiasi positif  dan berharap dengan adanya prasarana tersebut,  dapat membantu kegiatan pencegahan covid-19 di Kabupaten Morut.
“Kita patut bersyukur Pemda Morut bisa memiliki alat yang sangat penting seperti ini, mengingat alat Swab yang ada di Provinsi membutuhkan waktu, untuk mendapatkan hasilnya. Kita berharap dengan adanya alat ini  kegiatan pencegahan covid-19 di Kabupaten Morut cepat selesai” ujarnya Moh Asrar.  (A/Rdl)
ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *