Sekretaris Daerah Kota Palopo Mengikuti FGD “Kick Off” Program Keamanan Pangan Terpadu

Viewer : 156 Kali
IMG-20210316-WA0014
Sekretaris Daerah Kota Palopo, Drs Firmanza DP, SH., M.Si, mengikuti FGD “Kick Off Program Keamanan Pangan Terpadu

Palopo, Libasnews.co.id-

Sekretaris Daerah Kota Palopo, Drs Firmanza DP, SH., M.Si, mengikuti FGD “Kick Off Program Keamanan Pangan Terpadu Kabupaten/Kota Pangan Aman”. 

FGD yang digelar Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI itu diikuti Sekretaris daerah secara virtual yang didampingi Kepala Dinas Kelautan dan perikanan, Sekretaris Bappeda dan Kadis ketahanan pangan kota palopo, di Ruang Kerjanya, Selasa, (16/3/2021).

Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan Badan POM, Dra. Rita Endang, Apt. M.Kes., pada kesempatan itu mengungkapkan, sebagai upaya untuk lebih meningkatkan kinerja pemerintah daerah dalam mewujudkan keamanan pangan, badan pom menginsiasi program keamanan pangan terpadu kabupaten kota pangan aman dengan konsep pelaksanaan intervensi keamanan pangan pada sisi supply dan sisi demand secara terpadu. 

Strategi untuk pelaksanaan keterpaduan keamanan pangan itu dilakukan melalui integrasi program, yaitu: 

1). Mengintegrasikan pelaksanaan keamanan pangan disepanjang rantai pangan oleh pemerintah/pemangku kepentingan didaerah drngan melibatkan peran aktif pelaku usaha dan masyarakat. 

2). Integrasi wilayah, yaitu pelaksanaan keamanan pangan terpadu dengan basis level awal desa/kelurahan melalui pembentukan desa/kelurahan pangan aman,

3). Integrasi data melaui penguatan dan pengembangan sistem informasi untuk mengintegrasikan data sehingga dapat diakses oleh semua pihak dengan cepat dan mudah. 

Lanjutnya, Program ini juga diharapkan dapat berkontribusi untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat dan pemulihan perekonomian indonesia dimasa pandemi covid-19.

Kegiatan itu juga bertujuan sebagai sarana sosialisasi program keamanan pangan terpadu kabupaten/kota pangan aman, 

Memperkuat koordinasi untuk mengimplementasikan program keamanan pangan terpadu kabupaten/kota pangan aman, dan menjaring masukan dan komitmen dari kemeterian/lembaga/pemerintah daerah terkait program keamanan pangan terpadu kabupaten/kota pangan aman. (Hms/Agghacheno85)

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *