Siap Siap IKN Akan Berpindah Ke Kaltim, Tiga Kementrian Prioritas Utama

Viewer : 63 Kali
Siap Siap IKN Akan Berpindah Ke Kaltim, Tiga Kementrian Prioritas Utama
Siap Siap IKN Akan Berpindah Ke Kaltim, Tiga Kementrian Prioritas Utama

Laporan : Andi S.

Jakarta, Libasnews.co.id –

Desas desus rencana pemindahan ibu kota negara (IKN) ke Kalimantan Timur Timur bakal direalisasikan, dan rencananya pemindahan tahap awal akan dimulai pada semester I tahun 2024 mendatang.

“Kita merencanakan pemindahan dilakukan pada semester I-2024,” ungkap Velix Vernando Wangai, Staf Ahli Kepala Bappenas Bidang Sektor Unggulan dan Infrastruktur, disela giat konsultasi publik

Velix Vernando Wangai, dalam keterangannya menyatakan beberapa instansi akan pindah lebih awal, antara lain;  Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kementerian Pertahanan (Kemenhan) dan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu). Agenda Peminindahan ini meliputi infrastruktur dan sumber daya manusia (SDM)

“Dalam konteks tahap paling awal ini, jika kantor presiden dan wapres ini pindah sebelum 2024, tentu beberapa kementerian Kemendagri, Kemenlu dan Kementerian Pertahanan itu minimal strategic public office yang akan pindah, “Velix.

Ia juga menyatakan bahwa, Kementerian lain juga akan dipertimbangkan, terutama yang berkaitan dengan dukungan terhadap kebijakan negara. Salah satu diantaranya, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang memiliki jumlah pegawai negeri sipil (PNS) sangat banyak.

“Kemenkeu adalah kementerian besar, begitu juga SDM-nya. Sehingga pengaturan Kemenkeu akan diatur secara bertahap dalam strategi perpindahan ASN, “ucap Velix.

Sementara Instansi lainnya akan menyusul pada pemindahan tahap ke 2 sampai dengan 2029. “Jadi ada strategi perpindahan kelembagaan yang bersifat subtansial dan esensial, “pungkasnya.

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *