Terindikasi Korupsi ADD & DDS, LSM JARI Indonesia Target Laporkan 27 Oknum Kepala Desa

Viewer : 421 Kali
Ilustrasi Tumpukan Uang Korupsi

Morowali Utara_Libasnews.co.id-

Direktur Eksekutif Lembaga Swadaya Masyarakat Jaringan Advokasi Masyarakat Pesisir Indonesia (LSM JARI Indonesia) dalam keterangannya kepada kru Libas News, bahwa dalam waktu dekat, akan membuat laporan dugaan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) atas sejumlah Kepala Desa di Kabupaten Morowali Utara.

Menurut Direktur Eksekutif LSM JARI Indonesia, Andi Samsu Alam yang lebih akrab disapa Andi, saat ditemui kru Libas News (20/01/2020),  realisasi Anggaran Dana Desa (ADD) dan Dana Desa di kabupaten Morowali Utara, berdasarkan data temuan tim investigasi dilapangan sedikitnya 27 dari 123 Desa, terindikasi sarat penyimpangan yang mengakibatkan kerugian negara mencapai miliaran rupiah.

Menurutnya, berdasarkan data temuan lapangan, sejumlah desa yang dimaksud itu mayoritas dimark-up bahkan terdapat babarapa diantaranya terindikasi berdayakan laporan realisasi anggaran fiktif.

“Di daerah Morowali Utara ini, terdapat sekitar 123 Desa dan dari jumlah itu, terindikasi ada 27 desa yang sudah dirampungkan datanya oleh tim investigasi kita. Rencana dalam waktu dekat ini kita akan buatkan laporan dugaan Tipikornya dan itu sudah kita agendakan. Pariable data temuan tim kita, berkisar pada indikasi penyalahgunaan realisasi anggaran tahun 2017 hingga 2019,” ungkap Andi.

Lebih jauh diungkapkan, bahwa tidak menutup kemungkinan akan ada target baru yang menyusul. Saat diminta bocoran lebih lanjut, Andi tidak menyebutkan secara detail Desa mana saja yang akan dilaporkan. Saat itu hanya memperlihatkan sejumlah data yang sudah ada ditangannya, sembari tersenyum.

“kita lihat saja nanti siapa yang akan masuk pada agenda utama. Biarkan saja para oknum Kepala Desa kalau mau korupsi. Kalau korupsi silahkan, itu bukan domain kita untuk memaksa tidak melakukan kurupsi. Kita hanya mengingatkan selalu. Persoalan siapa yang kemudian akan masuk daftar antrian target, tergantung dari perilaku yang kita temukan” imbuhnya tersenyum. (Rudini).

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *