Tragis: Utang Indonesia Tembus 6.000 T Up

Viewer : 86 Kali
Tragis: Utang Indonesia Tembus 6.000 T Up
Tragis: Utang Indonesia Tembus 6.000 T Up

Jakarta, Libasnews.co.id –

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan Pemerintah Republik Indonesia telah mencapai lebih dari Rp 6.000 triliun. 

Pencapaian utang sebesar itu, kata Menkeu, masih aman dan bisa dilunasi, kendati dalam pemaparannya tidak dijelaskan jangka waktu pelunasan atas utang negara tersebut. 

“Kalau belanja bagus, jadi infrastruktur bagus, SDM berkualitas buat Indonesia, ekonomi tumbuh pasti bisa bayar lagi utangnya. Termasuk SBSN pasti kita bisa bayar Insyaallah kembali dengan aman, “paparnya dalam acara virtual, Rabu (05/01/22). 

Dikesempatan itu, lebih lanjut menerangkan bahwa utang tersebut dilakukan untuk pemenuhan kebutuhan pemerintah untuk membangun fasilitas umum, batuan sosial, subsidi dan pembayaran gaji pegawai negeri. 

Terkait rekor utang pemerintah itu, Sri Mulyani meminta masyarakat tidak hanya melihat nominal utangnya semata, tetapi perlu dilihat secara rinci penggunaan utang tersebut. 

“Jadi sering yang dengar dari headline utang negara sudah Rp 6.000 apakah sudah aman? Dan tidak pernah liat neraca seluruhnya, “tutur Sri Mulyani. 

Hal yang lain, lanjut Sri Mulyani menguraikan, selama pandemi Covid-19 pendapatan negara anjlok sementara belanja harus terus dilakukan bahkan diperbesar nilainya. 

Oleh karena itu katanya, mau tidak mau utang harus dilakukan, baik dari pinjaman luar negeri, sampai dengan penerbitan surat utang dengan asumsi semua kebutuhan tidak mampu dibiayai oleh APBN semata.

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *