Wakil Bupati OKU Menghadiri Apel Kehormatan dan Renungan Suci HUT RI Ke-75

Viewer : 48 Kali
IMG-20200817-WA0053
Wakil Bupati OKU Menghadiri Apel Kehormatan dan Renungan Suci HUT RI Ke-75

Oku_Sumsel, Libasnews.co.id-

Wakil Bupati OKU Drs. Johan Anuar, S.H., M.M., Bersama Forkopimda Menghadiri Apel Kehormatan dan Renungan Suci HUT Ke-75 Kemerdekaan R.I di Taman Makam Pahlawan Kemarung Baturaja.

Tepat pukul 00.00 WIB, Senin, 17 Agustus 2020, seluruh lampu yang menerangi area Taman Makam Pahlawan (TMP) Kemarung Baturaja dipadamkan. Hanya ada obor dan lampu-lampu kecil yang menyala di pusara dan sepanjang jalan menuju tugu pahlawan, bahkan sinar bulan pun tidak menerangi malam ini, ditambah dengan suasana sejuk karena diguyur hujan, sehingga membuat suasana menjadi syahdu dan khidmat.

Dalam cahaya temaram ini, Kapolres OKU AKBP. Arif Hidayat Ritonga, S.IK., M.H., bertindak sebagai inspektur upacara apel kehormatan dan renungan suci menghormati para pejuang yang mengorbankan jiwa raga mereka berjuang untuk Kemerdekaan RI di Kabupaten OKU.

Masih dalam Pandemi Covid-19, apel kehormatan dan renungan suci yang dilaksanakan sebagai rangkaian peringatan HUT Ke-75 Kemerdekaan RI ini dihadiri Wakil Bupati OKU, Ketua DPRD, Forkopimda, DanSubdempom, dan Sekretaris Daerah OKU.

Apel kehormatan dan renungan suci ini berlangsung sekitar 20 menit dengan khidmat, dimulai dengan penyalaan obor, tembakan kehormatan dan dilanjutkan dengan penghormatan oleh inspektur upacara diikuti peserta upacara kepada para pahlawan kusuma bangsa.

Inspektur upacara mengatakan kami yang hadir disini, Senin, 17 Agustus 2020 pukul 00.00 WIB pada upacara mengenang arwah dan jasa para pahlawan nusa dan bangsa yang telah bersemayam di TMP Kemarung ini.

Inspektur upacara membacakan renungan suci yang isinya adalah, Kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keridhoan, keikhlasan, dan kesucian pengorbanan pahlawan dalam mengabdi pada perjuangan, demi kebahagiaan nusa dan bangsa.

kami bersumpah dan berjanji, perjuangan para pahlawan adalah perjuangan kami pula, dan jalan kebhaktian yang ditempuh adalah jalan kami pula. Kami berdoa semoga arwah para pahlawan diterima Tuhan Yang Maha Esa dan ditempatkan yang sebaik-baiknya.

Upacara kehormatan dan renungan suci HUT Ke-75 Kemerdekaan RI diakhiri dengan mengheningkan cipta dan pembacaan doa. Sebelum meninggalkan taman makam pahlawan, Wakil Bupati OKU, Ketua DPRD, dan Forkopimda memberikan penghormatan terakhir kepada para pejuang yang telah membela tanah air kita.

Apel kehormatan dan renungan suci ini merupakan rangkaian peringatan HUT Ke-75 Kemerdekaan RI, untuk mengenang jasa-jasa pahlawan nasional dalam merebut Kemerdekaan RI.

Adapun pejuang kemerdekaan yang di semayamkan di TMP Kemarung Baturaja saat ini antara lain, angkatan bersenjata 69 orang, pegawai sipil 2 orang, pejuang rakyat 7 orang, dan pahlawan tak dikenal 162 orang. (Alv)

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *