Bagaimana Messi Jadi Genius Sepakbola? Ini Penjelasan Guardiola

Viewer : 65 Kali
Lionel Messi

Jakarta, libasnews –

Lionel Messi jadi salah satu pemain terbaik dunia bukan hanya karena kemampuan menggunakan kaki-kakinya. Tapi juga bagaimana dia memakai ‘kepala’ menganalisa lawan.

Dalam sebuah film dokumenter berjudul This Is Football yang tayang di Amazon Prime, Josep Guardiola mengungkapkan apa yang menjadi kebiasaan Messi di setiap pertandingan. Kebiasaan itu, disebut Guardiola, menjadikan Messi sebagai pemain yang istimewa.

Messi akan lebih banyak ‘diam’ di menit-menit awal pertandingan. Bintang asal Argentina itu juga akan sering terlihat berjalan kaki, ketimbang langsung berlari dan memberi tekanan ke pertahanan lawan.

“Dia selalu seperti ini,” ucap Guardiola sambil menolehkan kepalanya ke kiri dan kanan berulang kali.

“Bukan berarti dia tidak berada di dalam pertandingan itu. Dia ada di dalamnya. Menggerakkan kepala. Kanan, kiri, kiri, kanan,” lanjut Guardiola dikutip dari givemesport.

Menit-menit awal pertandingan selalu digunakan Messi untuk mengamati lawan. Menelisik kekuatan dan kelemahan. Mencari titik paling rawan di antara pemain lawan untuk kemudian dimanfaatkan.

“Dia mencium siapa titik terlemah di antara empat pemain belakang. Setelah lima, 10 menit, dia sudah bisa memetakan. Dia tahu jika bergerak ke sini, ke sini, maka saya akan punya ruang lebih besar untuk menyerang,” jelas Guardiola lagi.

Ernesto Valverde mengungkapkan hal yang sama dalam wawancara dengan Financial Times, di awal tahun ini. Disebutnya, Messi cenderung cuek dengan bola di menit-menit awal.

“Lalu seiring pertandingan terus berjalan, dia sedikit demi sedikit mulai terlibat. Tapi dia sudah tahu di mana kelemahan lawan,” ucap Valverde.

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *