Bupati Budiman : Pendidikan PAUD ini Penting dan Fundamental

Viewer : 16 Kali
Bupati Budiman : Pendidikan PAUD ini Penting dan Fundamental
Bupati Budiman : Pendidikan PAUD ini Penting dan Fundamental

Malili_Lutim, Libasnews.co.id

Guna mendukung program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Bunda PAUD, Kabupaten Luwu Timur, Hj. Sufriaty mengukuhkan pengurus Pokja Bunda PAUD dan Bunda PAUD Kecamatan. Pengukuhan ini juga di saksikan Bupati Luwu Timur, H. Budiman, di Gedung Wanita Simpurusiang Malili, Kamis (21/10/2021).

Pengukuhan Pokja Bunda PAUD dan Bunda PAUD Kecamatan ini mengangkat tema “Peran Bunda PAUD dalam mewujudkan PAUD – HI yang berkualitas menuju generasi emas”. Selain Bupati, juga hadir Forkopimda, Kepala OPD, Camat dan beberapa Organisasi Wanita se Kabupaten Luwu Timur.

Bunda PAUD Kabupaten Luwu Timur, Hj. Sufriaty mengatakan, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan wadah awal pembinaan generasi penerus. Menurutnya, Usia dini merupakan waktu yang tepat untuk membentuk karakter anak yang berakhlakul karimah dan berbudi pekerti luhur.

Lanjut Sufriaty, sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang ahli Perkembangan dan Perilaku Anak dari Amerika bernama Brazelton menyebutkan bahwa, pengalaman anak pada bulan dan tahun pertama kehidupannya sangat menentukan apakah anak ini akan mampu menghadapi tantangan dalam kehidupannya dan apakah ia akan menunjukkan semangat tinggi untuk belajar dan berhasil dalam pekerjaannya.

“Esensi dari PAUD adalah pemberian rangsangan atau stimulasi pendidikan yang sesuai dengan tahap tumbuh-kembang anak dan dilaksanakan melalui pendekatan bermain sambil belajar. Riset menunjukkan, anak-anak yang ikut PAUD cenderung lebih berprestasi dan ceria, berani, dan bersemangat,” jelasnya.

Lanjutnya, kurikulum yang diterapkan dalam lingkungan PAUD pada umumnya sudah disusun dan disesuaikan dengan kondisi murid. Hal ini juga tidak terlepas dari Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini (SN-PAUD).

Sementara Bupati Luwu Timur, H. Budiman mengatakan, semua anak-anak itu pada dasarnya unik. Olehnya itu, jangan ajarkan bahasa-bahasa yang negatif karena akan berpengaruh dengan karakter pribadinya nantinya.

“Pendidikan PAUD ini masa penting dan fundamental sebab bekaitan dengan masa emas atau golden age. Untuk melahirkan generasi yang lebih baik dari yang ada saat ini, maka perlu dipersiapkan lebih awal mengikuti pendidikan PAUD,” jelasnya.

Lanjut Budiman, tantangan kedepan anak Usia Dini akan jauh lebih besar karena akan berkaitan dengan generasi digital saat ini. Semua daerah harus konsen dengan pendidikan PAUD ini karena berkaitan dengan keberlanjutan generasi penerus bangsa. Olehnya itu, pendidikan anak usia dini ini penting sekali maka perlu di dorong melalui kebijakan kepada Dinas terkait sehingga pendidikan PAUD ini berkembang lebih baik.

“Saya harapkan kita semua yang telah dikukuhan ini bekerja dengan ikhlas. Bantu Pemerintah daerah persiapkan generasi kita yang lebih baik kedepannya,” tutupnya. (hms/ikp/kominfo/memed)

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *