Meningkatkan Ekonomi Kreatif Dalam Upaya Pengembangan Pariwisata Di Kabupaten Kolaka

Viewer : 34 Kali
Nurul Ummi Fauziah, Mahasiswi semester 1 Universitas 11 November Kolaka
Nurul Ummi Fauziah, Mahasiswi Universitas Sembilanbelas November Kolaka Semester 1 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Program studi Manajemen

Kolaka_Sultra, Libasnews.co.id-

Kabupaten Kolaka yang terletak di Provinsi Sulawesi Tenggara ini dikenal sebagai kawasan pertanian dan perkebunan dengan tanah yang begitu subur dan kekayaan alamnya yang melimpah. Dengan kekayaan alam, panorama yang indah, serta berbagai adat dan budaya yang ada hal ini bisa menjadi salah satu potensi untuk pengembangan pariwisata di Kabupaten Kolaka dalam meningkatkan ekonomi kreatif di masyarakat. 

Berdasarkan data dari BPS (Badan Pusat Statistik) Prov. Sulawesi Tenggara pada tanggal 30 April 2021 bahwa pariwisata yang ada di Kolaka ini menempati urutan terendah dari daerah-daerah pariwisata lain yang ada di Prov. Sulawesi tenggara. Hal inilah yang perlu diperhatikan oleh pemerintah khususnya bagi Dinas Pariwisata, bagaimana strategi dan langkah yang harus dilakukan agar pariwisata di Kolaka bisa lebih dikenal lagi oleh wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Destinasi wisata yang paling banyak di Kolaka ialah wisata pantai, sehingga jenis-jenis wisata lainnya masih sangat sedikit dan bahkan masih ada jenis wisata yang belum ada di Kolaka seperti wisata penelitian sejarah, wisata seni budaya, wisata pedesaan, dan lain-lain. Hal inilah yang perlu di perhatikan pemerintah untuk bisa mengelolah sumber daya yang ada untuk meningkatkan ekonomi kreatif.

Terus mengeksplorasi kekayaan alam dan budaya yang ada di Kolaka dengan kerja sama yang baik antara pemerintah dengan masyarakat dapat menunjang peningkatan destinasi wisata yang berkualitas dengan pemanfaatan teknologi seperti media sosial dan media online dapat digunakan untuk memperkenalkan destinasi-destinasi wisata, serta sosialisasi mengenai manfaat ekonomi kreatif itu sendiri bisa membuat masyarakat berpikir kreatif pula dalam upaya meningkatkan kesejahteraan.

Dalam upaya mengembangkan pariwisata di Kabupaten Kolaka perlu adanya kreativitas dan inovasi serta kerja sama yang baik dalam mengeksplorasi berbagai keindah alam yang ada di Kolaka dan memperkenalkan budaya-budaya yang ada, dengan memanfaatkan teknologi seperti media sosial dan media online. Strategi tersebut diharapkan agar banyak lagi jenis wisata yang ada di Kolaka, yang bisa menarik minat para wisatawan lokal maupun wisatawan asing berkunjung ke Kolaka.

Penulis : Nurul Ummi Fauziah

Mahasiswi Universitas Sembilanbelas November Kolaka Semester 1 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Program studi Manajemen

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *