Menteri Perhubungan: Penanganan dan Pengangkutan Kargo Curah Padat Butuh Payung Hukum

Viewer : 44 Kali
IMG-20200720-WA0063
Menteri Perhubungan : Penanganan dan Pengangkutan Kargo Curah Padat Butuh Payung Hukum

Jakarta, Libasnews.co.id –

Kawan Laut Payung hukum terkait tata cara penanganan muatan curah padat di pelabuhan sangat dibutuhkan guna meningkatkan kompetensi petugas dan stakeholder dalam menerapkan ketentuan yang dipersyaratkan International Maritime Solid Bulk Cargo (IMSBC) Code.

Karenanya, Kemenhub Cq. Ditjen Perhubungan Laut menyusun Peraturan Menteri Perhubungan tentang Penanganan dan Pengangkutan Kargo Curah Padat. Penyusunan aturan tersebut mencakup pelabuhan yang menangani pengawasan barang curah padat group A, B, dan C dalam IMSBC Code.

Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP), Ahmad, menyampaikan bahwa penyusunan Peraturan Menteri Perhubungan tentang Penanganan dan Pengangkutan Kargo Curah Padat ini meliputi perencanaan program, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Seksi Tertib Bandar, Capt. Heru Maryanto, mengatakan bahwa dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir, masih banyak kecelakaan lantaran kapal mengangkut barang curah padat, terutama dalam pengangkutan nickle ore.

Ia mengungkapkan, saat ini belum ada aturan turunan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran yang mengatur secara khusus terkait penanganan kargo curah padat untuk pelayaran, prosedur penanganan muatan curah sebelum dimuat di atas kapal, serta kewajiban dan tanggung jawab dari pihak yang terlibat dalam pemuatan kargo curah padat tersebut. (AL)

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *