Tien Suharti Melantik Perwira Muda Pelayaran di SMK 3 Palopo

Viewer : 324 Kali
Pelantikan Perwira Menegah
Acara Pelantikan Perwira Remaja SMKN 3 Palopo

Palopo, libasnews-
Kepala Cabang Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan Wilayah 11, Tien Suharti, yang mewakili Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Sulawesi Selatan melantik 55 Taruna/taruni perwira remaja ANT-IV dan ATT-IV UPT SMK Negeri 3 palopo, Sabtu, 26/10/2019, di halaman SMKN 3 palopo, Jl Dr. Ratulangi (km 11) Salupao, Kecamatan Telluwanua.

Hadir pada kesempatan itu drum komunikasi kolaborasi arahan Kecamatan Telluwanua, para pendidik dan jajaran SMKN 3 Palopo, tokoh masyarakat, dan bhabinkamtibmas kec Teluwanua, serta para keluarga perwira pelayaran remaja yang dilantik.

Dalam amanatnya pada upacara pelantikan itu, Kepala cabang Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan Wilayah 11, Tien Suharti, menyampaikan harapannya kepada para taruna/taruni bahwa apa yang telah didapatkan dan upaya yang telah diberikan oleh pendidik di SMKN 3 palopo menjadi ilmu yang bermanfaat, menjadi ilmu yang bisa ditransfer kepada adik adiknya. “Jangan biarkan ilmu itu mengendap untuk diri sendiri. Ada kata pepatah, ilmu tanpa amal, bagaikan pohon yang tak tumbuh. Jadi amalkan ilmu yang kalian peroleh,” ungkap Tien Suharti.

Tien Suharti melanjutkan, SMK N 3 Palopo bisa jaya, tergantung ditangan lulusan dan taruna hari di SMKN 3 Palopo. Bahwa ketika diluar sana mencerminkan sikap dan karakter dan ilmu pengetahuan yang mantap, maka yakin dan percaya, adik adik tamatan SMP akan berbondong bondong masuk di SMKN 3 palopo. Perlihatkan citra yang seperti itu. “Tetapi apabila jika kita hanya menjadi taruna yang taunya hanya pergi demo, tawuran , gontok gontokan, maka yakin dan percaya juga tidak akan ada orang tua yang mau masukkan anaknya di sekolah ini,” jelasnya.

“Selamat atas pelantikan ini. apa yang didapatkan disini tidak berhenti sampai disini saja. Tapi teruslah berjuang teruslah meraih sejuta harapan dan impian. Jangan berhenti sampai disini,” ungkap Kepala Cabang Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan Wilayah 11.

Kepala UPT SMKN 3 Palopo, Ridwan, dalam laporan pendidikan yang disampaikannya pada kesempatan itu mengatakan bahwa dalam menyelenggarakan diklat pembentukan ahli nautika dan teknikal tingkat IV, SMKN 3 palopo dibina oleh Kementerian pendidikan nasional dan kementerian perhubungan dengan menggunakan kurikulum tahun 2013 yang telah disesuaikan dengan kurikulum diklat kepelatihan sesuai SCTW amandemen Manila tahun 2010 dan telah terakreditasi B (Baik) oleh badan akreditasi nasional sekolah.

“Dan saat ini, sedang dalam proses pengajuan Aproval kepada direktorat jenderal perhubungan laut. Insya Allah, akan dilaksanakan visitasi audit pada awal bulan November tahun ini,” ungkap Ridwan.

Ridwan juga menambahkan, Alumni /lulusan SMKN 3 palopo memiliki Dua ijazah sekaligus, yakni ijasah SMK dari kementerian pendidikan dan ijasah/sertifikat pelaut ANT/ATT-IV dari kementerian perhubungan yang berstandar internasional (sesuai ketentuan IMO). “Sehingga taruna hari ni alumni SMKN3 Palopo tidak akan mengalami kesulitan dalam memperoleh lapangan kerja, baik dalam negeri maupun kapal pelayaran Internasional,” ujarnya.

Sementara itu, Walikota Palopo dalam sambutannya yang disampaikan oleh Wakil Walikota Palopo, H. Rahmat Masri Bandaso pada kesempatan itu mengingatkan kepada para peserta pelantikan perwira remaja ANT dan ATT-IV UPT SMKN 3 Palopo.

“Bahwa keberhasilan para taruna taruni memerlukan jasa dan pengorbanan yang besar dari orang tua dan guru. “Kiranya itu mesti selalu diingat, agar saudara menjadi manusia yang berbudi luhur,” cakap Walikota palopo.

“Sebagai seorang lulusan SMK, mesti memiliki keterampilan yang selalu diasah, dan mencari pelajaran tambahan untuk melengkapi diri. “Apabila ini semua terpenuhi, saya yakin bahwa sebagai seorang SMK pelayaran, anak-anakku akan bersaing dipasar kerja. Jadi lengkapi diri dengan semangat dan kesungguhan mengejar cita-cita. Hanya insan yang tangguh, tekun dan sabar yang akan berhasil, bahkan menjadi suri tauladan dimanapun berada,” harapnya.
“Selamat dan sukses atas pelantikan menjadi ahli nautika dan ahli teknika pelayaran niaga tingkat IV, Semoga ilmu dan keahlian yang diperoleh dapat dimanfaatkan dengan baik untuk kemaslahatan,” ujarnya.

Pada upacara pelantikan perwira remaja ANT-IV dan ATT-IV UPT SMK Negeri 3 Palopo itu, dilantik 55 orang taruna/taruni, dengan rincian, – kompetensi keahlian nautika kapal niaga (DEK) sebanyak 27 orang, yang berhak memperoleh sertifikat ANT-IV.

Kompetensi keahlian teknikakapal niaga (mesin) sejumlah 28 orang yang berhak memperoleh sertifikat ATT-IV. (re.)

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *