Wakil Walikota Selaku Ketua Kwarcab Kota Palopo Ikuti Apel Besar Dalam Peringatan Hari Pramuka Ke-59

Viewer : 123 Kali
IMG-20200818-WA0040
Wakil Walikota Palopo Dr. Ir. Rahmat Masri Bandaso, M.Si, Ketua Kwarcab Kota Palopo mengikuti Apel Besar Gerakan Pramuka Dalam Peringatan Hari Pramuka Ke 59 Tahun 2020

Palopo, Libasnews.co.id-

Wakil Walikota Palopo Dr. Ir. Rahmat Masri Bandaso, M.Si yang juga selaku Ketua Kwarcab Kota Palopo mengikuti Apel Besar Gerakan Pramuka Dalam Peringatan Hari Pramuka Ke 59 Tahun 2020 yang juga merupakan Rangkaian Acara Peringatan HUT Proklamasi RI yang ke 75 Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan yang dilaksanakan secara virtual di Aula Bappeda, Senin 18 Agustus 2020.

Pada Apel Besar Gerakan Pramuka tersebut yang bertindak sebagai pembina apel adalah Gubernur Sulawesi Selatan Prof. Dr. H. M. Nurdin Abdullah yang juga selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka.

Pada kesempatan itu, Prof. Dr. H. M. Nurdin Abdullah selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka menyampaikan Sambutan seragam Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Komjen Pol (Purn) Budi Waseso.

Untuk tahun ini tema hari pramuka adalah peran gerakan pramuka ikut membantu dalam penanggulangan bencana Covid-19 dan bela negara.

Tema tersebut menjadi tema utama seluruh aktivitas dan kegiatan gerakan pramuka pada tahun 2020, tema tersebut juga merupakan perwujudan dari semangat para pramuka untuk itu membantu dalam menangani covid-19 yang sampai saat ini masih menjadi masalah besar bagi bangsa Indonesia bahkan diseluruh dunia.

Gerakan pramuka tetap aktif melaksanakan berbagai kegiatan bakti sosial, bakti masyarakat dan pembangunan masyarakat . Gerakan bakti sosial yang dilakukan para pramuka merupakan bagian dari pendidikan karakter untuk menumbuhkan kaum muda yang memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, taat hukum, disiplin, peduli ,menjunjung tinggi nilai luhur bangsa dan memiliki kecakapan sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun negara kesatuan republik Indonesia.

Sikap siap menolong dan membantu yang dilakukan sejak usia muda diharapkan dapat menumbuhkan sifat empati, bertoleransi tanpa memandang perbedaan yang ada baik suku maupun agama itulah sebabnya sejak terjadinya wabah covid-19 gerakan pramuka selalu tanggap dan mengambil upaya dalam penanggulangannya dimulai dari hal kecil seperti menjaga kebersihan, mencuci tangan, memakai masker yang pada intinya selalu mematuhi protokol kesehatan.

Gerakan pramuka juga ikut berkreasi membuat masker baik yang digunakan sendiri maupun untuk dibagikan kepada yang membutuhkan, membuat dan membagikan handsanitizer serta penyiapan bantuan makanan yang dibagikan secara gratis kepada yang membutuhkan.

Ditingkat kwartir nasional telah dibentuk satgas penanggulangan bencana covid-19 sementara di kwartir daerah, cabang sampai gugus depan berbagai satuan pramuka ikut bergerak bersama pemerintah dan masyarakat melawan wabah covid-19.

Wujud kongkrit dalam pembelaan terhadap negara kesatuan republik Indonesia sebagai organisasi pendidikan yang berasaskan pancasila, membantu penanggulangan bencana alam dan mengatasi wabah covid-19 adalah kegiatan untuk mewujudkan betapa semua anggota pramuka berusaha menepati janjinya.

Adapun janji tersebut antara lain mengatakan demi kehormatanku aku berjanji akan bersungguh-sungguh menjalankan kewajibanku terhadap tuhan dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Selain Wakil Walikota diikuti pula Mursalim, S.Ag sekretaris kwarcab palopo, Drs. Nicholas sesa, MM, Kapusdiklatcab gerakan pramuka kota palopo, Ismail Andalan cabang kwarcab palopo, Surahmin Ibrahim S.M Ketua dewan kerja cabang kota palopo, serta Yulia savhika S, S.Pd Wakil ketua dewan kerja cabang kota palopo. (Hms/Agghacheno85)

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *