Sambut Pilkada Serentak, KPU Morut Laksanakan Sosialisasi Pemutakhiran Data Pemilih dan Uji Publik DPS

Sambut Pilkada Serentak: KPU Morut Laksanakan Sosialisasi Pemutakhiran Data Pemilih dan Uji Publik DPS

Morut_Sulteng, Libasnews.co.id –

Menjelang kontekstasi Pemilihan Gubernur/wakil Gubernur dan Bupati/Wakil Bupati Morowali Utara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Morowali Utara (Morut), kembali lakukan sosialisasi pemutakhiran data pemilih dan uji publik Daftar Pemilih Sementara (DPS), di Gedung Tepo Asa Aroa, Kolonodale, Morut, Sulteng, Selasa (01/09/20)

Dalam rangkaian kegiatan KPU Morut tersebut, mendaulat Ketua Devisi Data KPU Provinsi Sulteng Halima, Ketua Bawaslu Andi Zainuddin, KPU Morut Yusri Ibrahim yang didampingi Divisi Sosialisasi dan Parmas KPU Morut H. Jasman Lamole, serta Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil Armansyah, sebagai Narasumber.

Disamping sejumlah Narasumber, pada kesempatan itu, turut hadir Ketua DPRD I Morut H. Idham Ibrahim, Danramil 1311-03 Petasia Puryadi, mewakili Dandim 1311/Morowali, Perwakilan Kesbangpol Morut, dan sejumlah anggota Bawaslu Morut lainnya.

Agenda kegiatan tersebut, tampak diikuti sejumlah peserta yang terdiri atas Perwakilan Partai Politik, sejumlah unsur perwakilan pemeritah kecamatan, Perwakilan Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Se-Kabupaten Morut.

Pada kesempatan itu, Ketua KPU Morowali Utara Yusri Ibrahim dalam pemaparan materi terkait sosialisasi tahapan pemutakhiran DPS, menjelaskan bahwa, sosialisasi tersebut dimaksudkan guna melakukan uji publik atas DPS yang akan dilaksanakan secara serentak atas 3 Keluarahan dan 122 Desa di 10 Kecamatan Se-Kabupaten Morut, secara transparan dan akuntabel.

“Uji publik dilakukan pihak Penyelenggara pemilihan, merupakan tahapan untuk menetapkan data pemilih yang berkualitas melalui DP4 yang terintegrasi dari data instansi Kependudukan dan Catatan Sipil Morowali Utara, “terang Yusri.

Senada yang diungkapkan Ketua Devisi Data KPU Sulteng Halima, sesaat usai membawakan materi sosialisasi, saat dikonfirmasi lebih jauh memaparkan, berdasarkan tahapan pencoklikan yang dilakukan KPU, khususnya untuk Wilayah Sulteng, sudah rampung 100% sesuai dengan target tahapan.

“Khusus data sudah 100%. Proses pemutakhiran data DP4 yang diteruskan oleh KPU dan telah disingkronkan dengan DPT terakhir, sudah rampung tanggal 13 Agustus 2020 kemarin, meskipun hasilnya dari semua yang kita Coklit tidak 100% ditemukan dilapangan, “terang Halima.

Halima juga mengatakan, untuk memaksimalkan pencapaian hasil dari pencoklikan DPS, sikap reaktif seluruh masyarakat, sangat dibutuhkan agar data yang tidak tercoklit dilapangan dapat terselesaikan.

“Masyarakat dimanapun berada, aktif mencoklit dirinya. Begitu tanggal 19 sampai 28 September 2020, idealnya seluruh seluruh warga Negara Indonesia kembali mencoklit dirinya, biar upgrade datanya, “ujar Halima.

Disisi lain terkait integritas pasangan calon (Paslon), Halima menandaskan “Ketika pemilihan kita harapkan berkualitas dan berintegritas, maka tidak ada tawar menawar, siapapun nantinya yang menjadi pasangan calon resmi, harus menjunjung tinggi sikap integritas, “tandas Halima.

Menyinggung peran serta media dalam melakukan fungsi mengakses informasi, Halima berharap kepada awak media agar menjunjung tinggi integritas dalam menyebar luaskan informasi yang terbebas dari hoaks, sehingga dapat mengedukasi masyarakat, dalam menentukan pilihan yang berintegritas dan berkualitas. (Cip)