Balitbangda Bekerjasama Universitas Muhammadiyah Kota Palopo Menggelar Seminar

Viewer : 42 Kali
IMG-20210412-WA0012
Badan Penelitian Dan Pengembangan Daerah Bekerjasama Dengan Universitas Muhammadiyah Kota Palopo Menggelar Seminar

Palopo, Libasnews.co.id-

Badan Penelitian Dan Pengembangan Daerah Bekerjasama Dengan Universitas Muhammadiyah Kota Palopo Menggelar Seminar Hasil Survei Kepuasan Masyarakat Kota Palopo Tahun Anggaran 2021, yang dilaksanakan di Auditorium Sakotae Kota Palopo, Senin (12/4/2021)

Kepala Balitbangda Andi Enceng, SE.,M.Si dalam laporannya menyampaikan bahwa berdasarkan permenpan nomor 14 tahun 17 indeks kepuasan masyarakat adalah hasil pengukuran dari kegiatan survei kepuasan masyarakat berupa angka, survei kepuasan masyarakat adalah kegiatan pengukuran secara komprehensif tentang tingkat kepuasan masyarakat terhadap kualitas layanan yang diberikan penyelenggara pelayanan publik dalam hal ini pemerintah.

“Jadi populasi masyarakat kota Palopo sebagai penerima pelayanan publik yaitu orang-orang, masyarakat lembaga instansi pemerintah dan dunia usaha yang telah menerima pelayanan aparatur penyelenggara pelayanan publik ini.”

Lanjutnya diadakannya survai kepuasan masyarakat ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik yang diberikan oleh seluruh OPD yang melakukan pelayanan terhadap masyarakat Kota Palopo.

“Dengan survei ini dapat mengetahui mutu layanan dan kinerja setiap unsur pelayanan dari survei kepuasan masyarakat ini adalah kegiatan pengukuran secara komprehensif tentang tingkat kepuasan masyarakat terhadap kualitas layanan yang diberikan oleh penyelenggara.”

Mewakili Walikota Palopo, dalam hal ini Asisten III bidang administrasi umum dan keuangan Setda Kota Palopo, Dr.dr. H.M. Ishaq Iskandar, M.Kes dalam sambutannya menyampaikan, sebagaimana kita ketahui bahwa salah satu upaya yang harus dilakukan dalam perbaikan pelayanan publik adalah melakukan survei kepuasan masyarakat, kepada pengguna layanan dengan tingkat kepuasan masyarakat.

“Kita memerlukan survei karena kita harus mengetahui sejauh mana kepuasan masyarakat terhadap pelayanan kita, apakah pelayanan kita sudah memuaskan masyarakat karena memang kepuasan itu penting.”

Asisten III juga mengatakan di kota Palopo ini memang perlu melaksanakan kegiatan survei kepuasan masyarakat secara rinci untuk menjadi sarana dalam mengukur dan mengevaluasi kinerja layanan pemerintah.

” Untuk itu, melalui seminar ini diharapkan nantinya dapat merumuskan hasil akhir penelitian, dan pengembangan dalam bentuk rekomendasi hasil penelitian dan hasil riset tersebut disampaikan kepada instansi terkait dan juga kepada masyarakat Kota Palopo.”

Turut hadir, Dosen Muhammadiyah Kota Palopo sebagai narasumber, Kepala OPD lingkup Kota Palopo serta camat dan lurah dan para peserta seminar. (Hms/Agghacheno85)

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *