Berdayakan Lansia, PKK Lutim Gelar Lomba Senam

Viewer : 41 Kali


Berdayakan Lansia, PKK Lutim Gelar Lomba Senam
Berdayakan Lansia, PKK Lutim Gelar Lomba Senam

Malili_Lutim, Linasnews.co.id-

Tim Penggerak PKK Kabupaten Luwu Timur memberdayakan para lansia dengan menggelar Lomba Senam Lansia “Cuci Tangan”. Lomba ini diikuti para perwakilan kelompok lansia dari masing-masing Kecamatan yang dipusatkan di Gedung Wanita Simpurusiang Malili, Jumat (17/12/2021).

Lomba senam lansia ini dilakukan dalam rangkaian acara memperingati Hari Ibu ke-93, Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-49 dan HUT Dharma Wanita Persatuan (DWP) ke 22 Tingkat Kabupaten Luwu Timur. Acara ini dibuka langsung Ketua TP PKK Kabupaten Luwu Timur, Hj. Sufriaty Budiman didampingi Ketua DWP Luwu Timur, Hj. Masrah Bahri Suli.

Dalam sambutannya, Hj. Sufriaty mengatakan, menua dengan sehat adalah upaya meningkatkan kualitas hidup menjadi lebih baik. Menurutnya, mewujudkan lansia sehat, mandiri, aktif dan produktif harus dimulai dari keluarga. Peran keluarga sangat penting dalam meningkatkan derajat kesehatan dan kualitas hidup lansia, yaitu melalui perubahan perilaku kearah perilaku hidup bersih dan sehat, produktif secara sosial maupun ekonomi.

“Saya sangat berharap kegiatan lomba ini dapat menginspirasi masyarakat akan pentingnya memberdayakan para lansia,” kata Sufriaty.

Lanjutnya, Lomba Senam Lansia ini diharapkan agar tidak dilakukan hanya karena memanfaatkan momentum saja, tapi harus rutin dilakukan diwilayahnya masing-masing.

“Para pengurus PKK Kabupaten, Kecamatan, Desa, Kader dan Pengurus Dasawisma, sebagai ujung tombak di masyarakat, saya harapkan agar berperan aktif memberdayakan lansia diwilayahnya,” ungkapnya.

Ia mengatakan, untuk saat ini masih ada anggapan masyarakat khususnya para lansia bahwa kalau sudah ke kebun maka itu sama saja dengan berolahraga. “Saya perlu tekankan bahwa berolahraga itu tidak sama dengan sekedar menggerakkan tubuh saja. Untuk para lansia, olahraga itu ada tuntunannya dan dilakukan secara proporsional,” jelasnya.

Terakhir, Istri Bupati Luwu Timur ini juga kembali mengingatkan agar kegiatan ini tetap dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan. Selain itu, ia juga mengingatkan terkait target vaksinasi yang harus dicapai Pemerintah daerah sebesar 70 persen diakhir tahun ini.

“Mari kita lindungi dan peduli kepada para lansia dan jangan lupa segera vaksin,” tutupnya. (hms/ikp/kominfo/Memed)

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *