Disdukcapil Konawe Kerjasama Ahli IT Membuat Pendaftaran Online

Viewer : 136 Kali
IMG-20210505-WA0088
Disdukcapil Konawe Kerjasama Ahli IT Membuat Pendaftaran Online

Laporan : Andi Zulfitrah

Konawe, Libasnews.co.id-

Dalam upaya memaksimalkan pelayanan masyarakat, bidang perencanaan Disdukcapil kabupaten Konawe membangun kerjasama dengan tenaga ahli bidang teknologi dan informasi (ahli IT) untuk membuat inovasi dan peningkatan pelayanan publik.

Hal itu disampaikan Kusnadi Rakala, SE. Ak, CA, Kasubag Perencanaan dinas kependudukan dan catatan sipil kabupaten Konawe.

Kepada awak media ini, Kusnadi Rakala menjelaskan, program “kerjasama” berupa pembuatan aplikasi peningkatan pelayanan publik tersebut digagas menggunakan dengan memanfaatkan anggaran DAK Non fisik.

Lebih jauh Kusnadi Rakala memaparkan, selain untuk peningkatan pelayanan publik, program kerjasama yang digagas Disdukcapil Konawe tersebut merupakan salah satu upaya memanfaatkan dan mengembangkan, serta memberikan peluang kerja kepada “putra daerah”, khususnya bagi mereka yang memiliki kemampuan dibidang IT untuk berinovasi, sekaligus mengembangkan potensi yang dimiliki.

“Nah kebetulan kita manfaatkan tuh anak-anak daerah kita yang sudah terlatih, kita ajak kerjasama untuk membuat suatu inovasi atau peningkatan dalam bentuk pelayanan pendaftaran penduduk. Salah satunya yaitu pembuatan daripada bentuk pelayanan secara online,” paparnya.

Kusnadi pun menambahkan, program peningkatan dan inovasi pelayanan publik yang digagas Disdukcapil Konawe dengan memanfaatkan anggaran DAK Non fisik tersebut bukanlah pengadaan aplikasi yang diasumsikan sebagai belanja modal, melainkan pengadaan jasa tenaga ahli.

“Kalau pengadaan aplikasi kan sifatnya belanja modal. Sementara itukan aturan DAK Non fisik kan dak boleh,” terangnya.

Kusnadi berharap, dengan adanya aplikasi pendaftaran online ini, bisa memudahkan masyarakat dalam melakukan pendaftaran, tanpa harus bolak-balik ke kantor hanya untuk melakukan pendaftaran, hingga menyelesaikan seluruh proses administrasinya.

Dikatakannya, aplikasi yang digagas Disdukcapil tersebut tidak hanya untuk membuat pendaftaran online saja, melainkan memuat berbagai informasi penting yang sangat dibutuhkan masyarakat, termasuk dinas kependudukan dalam menyelesaikan persoalan administrasi kependudukan.

Selanjutnya, guna memaksimalkan penggunaan aplikasi pelayanan publik tersebut, Disdukcapil akan melakukan sosialisasi terkait manfaat, hingga cara penggunaannya.

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *