Gebrakan Awal Tahun, DLHK Palopo Datangkan 9.565 Bibit Pohon

Viewer : 53 Kali
IMG-20210114-WA0028
DLHK Palopo Datangkan 9.565 Bibit Pohon

Palopo, Libasnews.co.id-

Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo, Sulawesi Selatan (Sulsel), melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Palopo mendatangakan 9.565 bibit pohon

Pekan kedua setelah dilantik, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Palopo, Hj. Sitti Baderia, S.Pd,.M.Si membuat gebrakan baru mendatangkan 9.565 bibit pohon.

Hj. Sitti Baderia, Kamis (14/1/2021) mengatakan, 9.565 bibit pohon tersebut merupakan kerjasama dengan pembibitan wilayah 2 Parangloe, Kabupaten Gowa, Sulsel.

“Sebanyak 9.565 bibit pohon tersebut akan dialokasikan ke seluruh wilayah Kota Palopo,” katanya

“Dan perlu saya sampikan bahwa semua bibit tersebut adalah hibah, tidak dibeli,” tegasnya.

Ia menambahkan, bibit pohon itu terdiri atas ketapang kencana 5.000 pohon, tabebuya 1.665, monas 1.500, kayu hitam 300, pucuk merah 100, coppeng 500, dan tanjung 500 pohon. Diantara bibit itu, terdapat 15 pohon tabe buya yang sudah tinggi.

“Penanaman untuk tahap awal kami mulai di Jalan Andi Djemma, titiknya dari Taman I Love Palopo hingga pertigaan atau depan kantor Palopo Pos,” katanya.

Untuk tahap kedua, mulai Sampoddo sampai Lapangan Gaspa dan berkelanjutan ke seluruh Kota Palopo.

Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan mendistribusikan bibit pohon itu melalui kelurahan, kecamatan, sekolah, dan perkantoran. 

“Kita kerjasama dengan mereka, semua instansi juga. Nanti akan kita buat MoU dengan mereka,” jelasnya.

Untuk mendapatkan bantuan bibit pohon, maka mengajukan permohonan ke kantor DLHK Palopo. 

“Bibit pohon kita berikan secara gratis dan tidak diperjualbelikan. Kemudian pemintaan harus dengan tujuan jelas dan jangan diperjualbelikan. Jadi ini betul-betul dipergunakan masyarakat untuk ditanam,” tuturnya.

Mantan Kepsek SDN 23 Batara ini menjelaskan, pihaknya akan meminta peta dimana bibit pohon akan ditanam, sehingga kegiatannya harus jelas. 

“Nanti akan diinventarisasi oleh petugas kita, agar terlihat jelas upaya yang dilakukan sehingga ini bisa meningkatkan indeks lingkungan hidup,” jelasnya.

Rencananya, penanam secara simbolis dilakukan oleh Walikota Palopo, Drs. HM Judas Amir, MH.

Pihaknya akan melakukan koordinasi mengenai waktu dan lokasi yang tepat untuk penanaman pertama tersebut,” tandas Hj.Sitti Baderia yang juga Mantan Kepsek SDN 5 Salamae Palopo ini. (Hms/Agghacheno85)

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *