KPU Morut Buka pendaftaran Relawan Demokrasi Jelang Pilkada Serentak 2020

Viewer : 117 Kali
KPU, ist
KPU, ist

Morut_Sulteng, LibasNews.co.id –

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Morowali Utara (Morut), jelang Pemilihan Kepala Daerah Serentak (9/12/20) buka pendaftaran Relawan Demokrasi.

Penerimaan relawan itu dimaksudkan sebagai upaya meningkatan kualitas Pemilih dalam menggunakan Hak Pilih, khususnya di Kabupaten Morowali Utara (Morut).

Untuk menjadi Relawan tersebut, setiap orang wajib memenuhi persyaratan, antata lain: Warga Negara lndonesia, Dilarang untuk merekrut anak saudara/ sanak family tanpa acla kompetensi, Berusia paling rendah 17 (tujuh belas) tahun pada eaat mendafrar, khusus Relawan pemilih pemula maksimal berusia 25 (dua puiuh lima) tahun, dan Pendidikan minimal SLTA atau sederajat.

Selain itu, syarat lainnya meliputi: Berdomisili di wilayah setempat, Nonpartisan, sekurang-kurangnya 5 (lima) tahun terakhir tidak menjadi anggota partai politik, Memiliki komitmen menjadi Relawan Demokrasi, Terdaflar sebagai pemilih, Memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik, Bertranggung jawab dan berakhlak baik, Bukan bagian dari penyelenggara pemilu, Memiliki pengalaman dalam kegiatan penyuluhan atau aktif dalam organisasi kemasyarakatan/kemahasiswaan, dan Membuat progrem kerja yang akan dilaksanakan.

Adapun tatacara pendaftaran antara lain: Memilih Basis Pemilih, Mengisi formulir pendaftaran dan menyerahkan kelengkapan administrasi yang
meliputi :
1) Foto Copy KTP yang masih berlaku;
2) surat keterangan terdaftar sebagai pemilih dari PPS atau bukti terdaftar dari Aplikasi Sidalih;
3) Foto Copy ljazah SMA/Sederajat;
4) Pas Foto 4 x 6 sebanyak 4 (empat) lembar;
5) Surat Pemyataan yang menerangkan :
a. Tidak menjadi anggota Partai politik sekurang-kurangnya 5 (lima) tahun
terakhir;
b. Bersedia dan memiliki komitmen menjadi Relawan Demokrasi;
c. Tidak pernah dipidana penjara dengan ancaman pidana 5 (lima) tahun atau
yang telah berkekuatan hukum tetap dan berkelakuan baik;
d. Bukan bagian dari penyelenggara pemilihan tahun 2020;
6) Daftar Riwayat Hidup;
7) sertifikat atau bagian yang berkaitan dengan KPU Provinsi, atau KPU Kabupaten/ Kota (bagi yang mempunyai).

Sementara Jumlah Relawan Demokrasi yang dibutuhkan adalah sebanyak 5 (lima) orang yang mewakili trap- trap basis, sebagai berikut: Basis Keluarga, Basis Pemilih Pemula, Basis Pemilih Perempuan, Basis Kaum Maiginal, dan Basis Keagamaan.

formulir dan format pemyataan bisa diambil langsung di Kantor KPU Kabupaten Morut, Jl. Bumi Nangka No.6, Kelurahan Bahoue, Kecamatan Petasia, Kabupaten Morut, Kode Pos 94971.

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Sub Bagian Teknis dan Hupmas KPU Kabupaten Morut pada setiap jam kerja, atau melalui nomor Contact 081342034551 (Rendy), 082249168Sa5 (Jhonly) dan 082346497001 (Mirat), (As/Cip)

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *