Luwu Timur Kembali Raih Penghargaan Tertinggi Nasional Kabupaten/Kota Sehat Swastisaba Wistara

Viewer : 6 Kali
Luwu Timur Kembali Raih Penghargaan Tertinggi Nasional Kabupaten/Kota Sehat Swastisaba Wistara
Luwu Timur Kembali Raih Penghargaan Tertinggi Nasional Kabupaten/Kota Sehat Swastisaba Wistara

Malili_Lutim, Libasnews.co.id-

Kabupaten Luwu Timur kembali meraih penghargaan tertinggi Swaatisaba Kabupaten/Kota sehat Tahun 2021 ketegori Wistara tingkat Nasional. Torehan prestasi ini membuktikan sebuah langkah maju yang dilakukan Pemerintah Luwu Timur yang gencar melaksanakan pembangunan namun tetap memperhatikan aspek kesehatan sosial.

Bahkan Sulawesi Selatan masuk sebagai salah satu provinsi dari dua provinsi lainnya yakni Jawa Barat dan Jawa Timur sebagai Tim Pembina Kabupaten/Kota Sehat Provinsi terbaik.

Pengumuman penganugerahan ini dilakukan oleh Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri di Jakarta yang di saksikan Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kemendagri, Sugeng Hariyono mewakili Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, Rabu (17/11/2021).

Ketua Kabupaten/Kota Sehat Luwu Timur, Hj. Sufriaty mengucapkan syukur kehadirat Allah SWT atas berhasilnya Kabupaten Luwu Timur mendapat penganugerahan tertinggi Swastisaba kategori Wistara. Keberhasilan ini tidak terlepas dari kolaborasi seluruh masyarakat Luwu Timur yang berpartisipasi penuh dalam melaksanakan program Kabupaten/Kota Sehat.

”Ini hasil kerja keras kita bersama di Luwu Timur, sehingga tahun ini kita berhasil mendapat anugerah tertinggi dalam penilaian Kabupaten Kota Sehat tingkat Nasional,” ujar Sufriaty.

Lanjut Sufriaty, tentu ini bukan kerja mudah mengingat program ini dilakukan ditengah pandemi Covid-19, dimana program Kabupaten / Kota Sehat ini menyentuh multi dimensi sektor kehidupan masyarakat, di sisi lain tantangan pandemi Covid-19 juga menjadi hambatan tersendiri.

Ditengah situasi tersebut Luwu Timur berhasil mendorong masyarakatnya untuk peduli terhadap lingkungannya. Ini menandakan warga Luwu Timur mau berubah menuju prilaku hidup sehat. “Dengan capaian ini tentunya cita-cita kita untuk mewujudkan Kabupaten Sehat, Masyarakat Sehat akan semakin mudah,” Tandas Sufriaty.

Keberhasilan ini juga tidak terlepas dari kebijakan Bupati Luwu Timur yang mendukung penuh program Kabupaten/Kota sehat yang selaras dengan visi misi yang berpihak pada masyarakat.

Sebenarnya tujuan program Kabupaten/Kota Sehat ini untuk mendorong terwujudnya kondisi Kabupaten/Kota yang bersih, aman, nyaman dan sehat, untuk dihuni dan sebagai tempat bekerja bagi warga dengan cara melaksanakan berbagai program-program kesehatan dan sektor lain sehingga dapat meningkatkan sarana, produktivitas dan perekonomian masyarakat.

Untuk mendapatkan penghargaan tingkat nasional ini, Sufriaty menjelaskan, sudah melalui verifikasi program Kabupaten/Kota Sehat melalui beberapa tahapan di mulai dengan usulan dokumen KKS yang disampaikan ke Provinsi Sulsel, Presentase desa dan kelurahan yang sudah ODF oleh tim verifikasi pusat.

Kemudian bedah dokumen yang meliputi penilaian dokumen kelembagaan, dokumen indikator pokok dan dokumen capaian indikator tatanan. Selanjutnya verifikasi lapangan secara langsung dan verifikasi lapangan secara virtual.

“Semua ini sudah kita lalui sehingga kita berhasil mendapatkan penghargaan swastisaba kategori Wistara. Tentunya dengan Keberhasilan ini Lutim salah satu daerah yang ditetapkan Pemerintah Pusat sebagai daerah percontohan dalam penerapan Kabupaten /Kota sehat di Indonesia,” kata Sufriaty.

Pengumuman penghargaan ini disaksikan secara virtual yang ditayangkan dari ruang Aula Rumah Jabatan Bupati Lutim. Di hadiri Ketua KKS Lutim Hj. Sufriaty, Sekda Lutim Bahri Suli dan sejumlah Kepala OPD dan Kepala Bidang. (hms/ikp/kominfo/memed)

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *