Momentum Hari Ibu, Budiman Berharap Organisasi Wanita Berperan Dalam Pemberdayaan Masyarakat

Viewer : 33 Kali
Momentum Hari Ibu, Budiman Berharap Organisasi Wanita Berperan Dalam Pemberdayaan Masyarakat
Momentum Hari Ibu, Budiman Berharap Organisasi Wanita Berperan Dalam Pemberdayaan Masyarakat

Malili_Lutim, Libasnews.co.id-

Puncak peringatan Hari Ibu ke 93 dirangkaikan dengan HUT Dharma Wanita Persatuan (DWP) ke-22 dan Hari Kesatuan Gerak PKK (HKG) ke-49 tingkat Kabupaten Luwu Timur yang diselenggarakan di Gedung Wanita Simpurusiang, Desa Puncak Indah, Kecamatan Malili, Rabu (22/12/2021).

Hari Ibu dirayakan secara nasional setiap tanggal 22 Desember, yang merupakan hari peringatan atau perayaan terhadap peran seorang ibu dalam keluarganya, baik untuk suami, anak-anak, maupun lingkungan sosialnya.

Tema peringatan tahun ini adalah “Membangun Ketahanan Perempuan Yang Berdaya dan Menginspirasi, melalui Kesehatan Mental dalam Pemulihan Ekonomi di Masa Pandemi covid-19 untuk Luwu Timur Inspiring”.

Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Luwu Timur, H. Budiman, unsur Forkopimda Kabupaten Luwu Timur, Dandim 1403 Sawerigading, Ketua TP PKK Lutim, Hj. Sufriaty Budiman, Ketua Dharma Wanita Persatuan, Hj. Masrah Bahri Suli, para Asisten, Staf Ahli, Kabag-Kabag, Kepala OPD, Camat, dan segenap organisasi Perempuan se-Kabupaten Luwu Timur.

Paduan Suara dari gabungan organisasi Wanita di Kabupaten Luwu Timur tampil mengawali acara pembukaan kemudian dilanjutkan dengan pembacaan sejarah singkat Hari Ibu oleh Masrura Salman.

Ketua TP PKK Kabupaten Luwu Timur, Hj. Sufriaty Budiman dalam sambutannya mengatakan, Semangat dalam memberdayakan kaum perempuan di segala sektor harus terus dikobarkan, apalagi jika melihat kondisi pandemi covid-19 saat ini, peran ibu tidak hanya memiliki tugas dan tanggungjawab mengurus suami dan anak-anak saja, tetapi juga harus ikut berjuang menopang perekonomian keluarga.

“Peringatan hari ibu menjadi bukti akan adanya perhatian, pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor kehidupan. hal ini juga membawa pengaruh positif bagi perempuan dan masyarakat untuk selalu menghargai hak-haknya sebagai perempuan,” jelas Hj. Sufriaty.

Penasehat DWP Lutim ini menegaskan, PKK dan Dharmawanita sebagai bagian dari Pemerintah daerah harus terus bergerak bersama memanfaatkan berbagai momentum yang ada dan bersinergi dengan Pemerintah daerah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kita juga patut bersyukur, bahwa situasi dan perkembangan wabah virus corona di Kabupaten Luwu Timur sudah terkendali. Meskipun begitu, penerapan disiplin protokol kesehatan, harus tetap harus dijalankan. Kita semua harus ikut berperan mendukung upaya pemerintah daerah dalam memutus mata rantai penyebaran virus corona,” tukas Ketua TP PKK Lutim.

Sementara Bupati Luwu Timur, H. Budiman mengatakan, Sepanjang sejarah peradaban manusia, peran seorang ibu sangatlah besar dalam membentuk dinamika zaman, lahirnya generasi bangsa yang unggul, kreatif, bermoral dan berwawasan luas tidak lepas dari peran seorang ibu.

“Ibu adalah orang yang pertama kali memperkenalkan, mensosialisasikan serta mengakarkan nilai agama, budaya, moral dan kemanusiaan, pengetahuan dan keterampilan dasar serta nilai-nilai luhur lainnya kepada seorang anak,” ungkap Bupati.

Bupati berharap Peringatan Hari Ibu dapat membawa pengaruh positif bagi peningkatan kualitas hidup, pemenuhan hak, dan kemajuan kaum perempuan.

“Sesuai tema hari ini, menjadi momentum yang tepat untuk meningkatkan peran perempuan di segala aspek kehidupan, sehingga ke depan, perempuan menjadi lebih berdaya, kreatif, dan mandiri secara ekonomi maupun sosial dan budaya,” imbuh Bupati Luwu Timur.

“Oleh karena itu, saya berharap, semua organisasi wanita, utamanya PKK dan Dharma Wanita, dapat mengambil peran bersama dengan Pemerintah daerah dalam memberdayakan masyarakat,” harap Budiman.

Terakhir, Bupati mengingatkan bahwa kita masih berada dalam suasana pandemic covid-19. Penerapan protokol kesehatan wajib untuk tetap diterapkan. (Kominfo/memed)

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *