Pemdes Lamendora : Realisasi Dana Desa Tahun 2021 Tahap Awal Sudah Rampung

Viewer : 107 Kali
IMG-20210614-WA0014
Kegiatan pembagian blt

Laporan : Tamrin Toma

Konawe_Sultra, Libasnews.co.id-

Penyaluran Dana Desa (DD) untuk tahun anggaran 2021 untuk tahap awal ini semua sudah rampung. Hal itu disampaikan oleh Kepala Desa Lamendora saat di temui di kediamannya di Desa Lamendoro, Kecamatan Kapoiala, Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara. Senin (14/6/2021).

Di depan awak media Jurlin menjelaskan bahwa untuk tahap awal yang 40%, yang mana untuk 8% itu sudah direalisasikan untuk penanganan covid-19 dan kelengkapannya seperti masker, tempat cuci tangan serta dudukannya dan posko.

“Sementara untuk sisanya yang 32% kami realisasikan antara lain untuk Bantuan Lansung Tunai (BLT) dengan jumlah penerima Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sebanyak 17 Kepala Keluarga (KK),” kata Jurlin.

“Dan untuk insentif kesehatan dalam hal ini untuk kader posyandu 5 (lima) orang, kader KPN 3 (tiga) orang, honor guru Paud 3 (tiga) orang, serta pengadaan sarana dan prasarana adat, seperti tikar adat, kalosara dan kelengkapan adat lainnya (isi adat),” sambungnya.

Selain itu lanjut Jurlin, ada juga bantuan untuk perumahan yang diserahkan ke warga seperti pasir, batu, dan semen serta besi. Namun yang sudah diserahkan hanya batu dan pasir dulu karena dananya belum cukup. Nanti di tahap kedua baru diserahkan semen dan besinya.

“Termasuk pelatihan Sustainable Develpoment Goals (SDGs) Desa yang diadakan di hotel Claro Kendari. Dan pelatihan kader kesehatan,” tandasnya.

Ia juga menambahkan bahwa untuk tahun ini Desa Lamendora mendapat bantuan dari kabupaten.

“Alhamdulillah tahun ini desa kami mendapat bantuan dari kabupaten berupa pengaspalan sepanjang 3 kilo 200 meter dan saluran irigasi persawahan sepanjang 400 meter,” ucap Jurlin bersyukur.

“Mudah-mudahan dengan adanya Dana Desa ini, saya selaku Pengguna Anggaran (PA) bekerjasama dengan seluruh perangkat desa dan warga bisa lebih memajukan lagi Desa Lamendora ini, baik dari infrastrukturnya maupun dari tingkat kesejahteraan warga,” harap Jurlin.

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *