PLH Bupati OKU Silaturahmi Dengan Petani Serta Meninjau Panen dan Pengolahan Jagung di Desa Bandar Jaya

Viewer : 138 Kali
IMG-20210526-WA0006
PLH Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, M.H., Silaturahmi Dengan Petani Serta Meninjau Panen dan Pengolahan Jagung di Desa Bandar Jaya

Oku_Sumsel, Libasnews.co.id-

PLH Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, M.H., Melakukan Silaturahmi Bersama Petani Jagung Serta Meninjau Pengolahan Pengeringan Jagung dan Panen Jagung Bertempat di Desa Bandar Jaya Kecamatan Lengkiti Kabupaten OKU, Selasa (25/05/2021).

Dalam acara silaturahmi di rumah ketua kelompok tani, Zamroni Mewakili Kelompok Tani menyampaikan, 

Terimakasih atas bantuan yang di berikan Pemerintah Kabupaten OKU kepada petani-petani di Lengkiti.

Kami juga mengharapkan bantuan kepada Pemerintah Kabupaten OKU, tentang kenaikan sewa tanam OMIBA yang menjadi masalah untuk petani di Lengkiti sekarang ini.

semoga Pemerintah Kabupaten OKU bisa membicarakan kepada pengurus OMIBA tentang kenaikan harga sewa tanam OMIBA ini agar tidak menjadi beban bagi petani di lengkiti ini sendiri. 

Kita sebagai petani untuk 3 tahun sebelum nya ini juga sudah mendapat mesin pengering jagung, dan untuk pakan ternak juga kami membutuhkan 1 alat pemecah jagung untuk pengembangan dari mesin pengering jagung tersebut.

Kades Way Heling menyampaikan, baantuan bibit jagung dari Pemerintah sudah banyak sangat membantu petani di Kecamatan Lengkiti, Akan tetapi turun nya bantuan tersebut tidak sesuai dengan jadwal tanam kami di daerah Lengkiti ini, Kami ingin turun nya bantuan bibit tani untuk Kecamatan Lengkiti ini bisa di sesuaikan dengan jadwal Panen dan Penanaman bibit agar lebih efektif.

Petani juga mempunyai bibit yang di unggulkan kami minta kepada Pemerintah Daerah khusus nya Dinas Pertanian kiranya bisa memberikan Petani bibit yang di inginkan dan sesuai agar hasil panen lebih baik dan efektif.

Kadin Pertanian OKU menjelaskan, Untuk masalah pupuk diketahui per 2021 ini memang mengalami kenaikan harga karena ini salah satu kebijakan Pemerintah Pusat untuk menutupi Subsidi ini, Dan di perbesar dengan cara menaikan harga heet nya.

Perubahan inilah yang menggambar mekanisme pemberian pupuk kepada petani. 

PLH Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, M.H., Menyampaikan

Masalah Harga Sewa OMIBA, Pemerintah OKU akan membantu berbicara kepada pengurus tanah sewa OMIBA agar tidak memberikan harga yang bisa membuat beban petani.

Untuk masalah bibit juga Pemerintah Kabupaten OKU akan mengusulkan agar semuanya gratis dan kualitas bibit nya yang terbaik agar petani bisa meningkatkan hasil panen yang memuaskan.

Kedepannya Pemerintah Kabupaten OKU mendorong agar Kabupaten OKU dapat menjadi sentra pertanian jagung dan menjadi salah satu lumbung jagung di provinsi Sumatera Selatan.

Acara di Hadiri oleh, OPD terkait, Muspika Kec.Lengkiti, Para Kades dan BPD se Kecamatan Lengkiti, Perwakilan kelompok tani, Tokoh Masyarakat, Serta Undangan Lainnya. (Alv)

ARTIKEL TERKAIT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *